PENGARUH INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MICROTEACHING, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2021 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Manalu, Vivi Handayani (2024) PENGARUH INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MICROTEACHING, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2021 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203141017_Cover.pdf] Text
7203141017_Cover.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 7203141017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203141017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 7203141017_Abstrak.pdf] Text
7203141017_Abstrak.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 7203141017_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203141017_Kata_Pengantar.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 7203141017_Daftar_Isi.pdf] Text
7203141017_Daftar_Isi.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 7203141017_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203141017_Daftar_Tabel.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 7203141017_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203141017_Daftar_Gambar.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 7203141017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203141017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 7203141017_BAB_I.pdf] Text
7203141017_BAB_I.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of 7203141017_BAB_II.pdf] Text
7203141017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203141017_BAB_III.pdf] Text
7203141017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7203141017_BAB_IV.pdf] Text
7203141017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 7203141017_BAB_V.pdf] Text
7203141017_BAB_V.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of 7203141017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203141017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 7203141017_Lampiran.pdf] Text
7203141017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah utama terkait masih rendahnya minat mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Medan stambuk 2021 untuk berkarir menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel penelitian yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Microteaching, dan Lingkungan Keluarga terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi berganda untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dengan responden sebanyak 77 mahasiswa. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji validitas pada kuesioner menggunakan Korelasi Product Moment dan menunjukkan bahwa semua 17 dari 19 angket microteaching valid, seluruh angket lingkungan keluarga sebanyak 12 angket valid, dan seluruh angket minat menjadi guru sebanyak 10 angket valid. Uji realiabilitas pada angket microteaching menggunakan rumus Alpha Cronbach menghasilkan rhitung > rtabel (0,780 > 0,361), uji reliabilitas pada angket Lingkungan Keluarga menggunakan rumus Alpha Cronbach menghasilkan rhitung > rtabel (0,670 > 0,361) uji reliabilitas pada angket Minat Menjadi Guru menggunakan rumus Alpha Cronbach menghasilkan rhitung > rtabel (0,742 > 0,361). Hasil penelitian pada Uji T menunjukkan bahwa secara parsial, Indeks Prestasi Kumulatif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa dengan thitung > ttabel (2,378 > 1,991) pada taraf signifikansi 95% atau α = 5%. Uji T menunjukkan bahwa secara parsial, Microteaching memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa dengan thitung > ttabel (2,276 > 1,991) pada taraf signifikansi 95% atau α = 5%. Uji T menunjukkan bahwa secara parsial, Lingkungan Keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa dengan thitung > ttabel (2,909 > 1,991) pada taraf signifikansi 95% atau α = 5%. Hasil Uji F menunjukkan bahwa Indeks Prestasi Kumulatif, Microteaching, dan Lingkungan Keluarga secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan Fhitung > Ftabel (14,799 > 3,12) pada taraf α = 5% atau (0,001 < 0,05). Perhitungan regresi linier berganda menghasilkan persamaan MMG = 33.572 + 0,321 IPK + 0,213 MT + 0,169 LK dengan koefisien determinasi sebesar 37,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Microteaching, dan Lingkungan Keluarga terhadap minat menjadi guru baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Indeks Prestasi Kumulatif, Microteaching, Lingkungan Keluarga, Minat Menjadi Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 25 Jul 2025 09:23
Last Modified: 25 Jul 2025 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64418

Actions (login required)

View Item
View Item