PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BERKOMUNIKASI DENGAN PESAWAT TELEPON KELAS XI MPLB DI SMKN 1 MEDAN

Rahmi, Anisyah Dwi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BERKOMUNIKASI DENGAN PESAWAT TELEPON KELAS XI MPLB DI SMKN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7202444013_Cover.pdf] Text
7202444013_Cover.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 7202444013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202444013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444013_Abstrak.pdf] Text
7202444013_Abstrak.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of 7202444013_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202444013_Kata_Pengantar.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of 7202444013_Daftar_Isi.pdf] Text
7202444013_Daftar_Isi.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of 7202444013_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202444013_Daftar_Tabel.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 7202444013_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202444013_Daftar_Gambar.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 7202444013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202444013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 7202444013_BAB_I.pdf] Text
7202444013_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7202444013_BAB_II.pdf] Text
7202444013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7202444013_BAB_III.pdf] Text
7202444013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7202444013_BAB_IV.pdf] Text
7202444013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7202444013_BAB_V.pdf] Text
7202444013_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[thumbnail of 7202444013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202444013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of 7202444013_Lampiran.pdf] Text
7202444013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Role Playing terhadap hasil belajar berkomunikasi dengan pesawat telepon kelas XI MPLB di SMKN 1 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB yang berjumlah sebanyak 136 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa yang terdiri dari kelas XI MPLB 3 dan XI MPLB 4. Pengumpulan data dilakukan dengan tes soal hasil belajar pilihan berganda. Teknik analisis data pada uji normalitas adalah Kolmogrov Smirnov dan uji Homogenitas menggunakan uji (levene), kemudian uji hipotesis menggunakan uji parsial (t) dengan SPSS versi 26.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh yang positif dan signifikan, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,780>2,0395) dengan nilai signifikan 0,009 < 0,05. Model Role Playing juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar berdasarkan hasil thitung> ttabel (2,936>2,0395) dengan nilai signifikan α 0,006 < 0,05. Kedua hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Role Playing terhadap hasil belajar berkomunikasi dengan pesawat telepon kelas XI MPLB SMKN 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Role Playing, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT85 Conducting. Score reading and playing
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 25 Jul 2025 05:00
Last Modified: 25 Jul 2025 05:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64391

Actions (login required)

View Item
View Item