Zulinda, Alya Najah (2024) ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA ELEMEN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203144002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Cover.pdf
Download (356kB)
![[thumbnail of 7203144002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Abstrak.pdf
Download (625kB)
![[thumbnail of 7203144002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Kata_Pengantar.pdf
Download (980kB)
![[thumbnail of 7203144002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Daftar_Isi.pdf
Download (958kB)
![[thumbnail of 7203144002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Daftar_Tabel.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of 7203144002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Daftar_Gambar.pdf
Download (341kB)
![[thumbnail of 7203144002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (615kB)
![[thumbnail of 7203144002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203144002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203144002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203144002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203144002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_BAB_V.pdf
Download (343kB)
![[thumbnail of 7203144002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran inquiry pada elemen komunikasi di tempat kerja kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakukan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB 1 dan XI MPLB 2 SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025 sebanyak 72 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yaitu untuk soal pretest dan posttest sebanyak 20 soal. Sebelum soal ini diberikan kepada sampel yang sesungguhnya, maka tes ini di ujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dua pihak. Dari hasil analisis data kelas dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest hasil belajar sebesar 68.44 dan 82.014, sedangkan pada kelas dengan model pembelajaran inquiry memperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 69.87 dan 77.292. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu uji t dua pihak diperoleh nilai Thitung > Ttabel (2.845 > 1.666) dengan nilai signifkansi <0,05 (0,006 < 0,05) yang bermakna bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar pada elemen komunikasi di tempat kerja kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Medan T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:03 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64378 |