Hutabarat, Ade Sriwanda Olivia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN PROSEDUR PENYIMPANAN ARSIP KELAS XI MPLB DI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7202444005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Cover.pdf
Download (506kB)
![[thumbnail of 7202444005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Abstrak.pdf
Download (831kB)
![[thumbnail of 7202444005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Daftar_Tabel.pdf
Download (448kB)
![[thumbnail of 7202444005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Daftar_Gambar.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of 7202444005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (451kB)
![[thumbnail of 7202444005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202444005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7202444005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202444005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202444005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_BAB_V.pdf
Download (777kB)
![[thumbnail of 7202444005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (780kB)
![[thumbnail of 7202444005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
Masalah yang di teliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada capaian pembelajaran Prosedur Penyimpanan Arsip yang masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuam untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada capaian pembelajaran Prosedur Penyimpanan Arsip kelas XI MPLB di SMK Swasta Budi Agung Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan yang beralamat di Jalan Platina Raya No.7 Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB sebanyak 88 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari XI MPLB 1 dan XI MPLB 2 sebanyak 60 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen soal pillihan berganda. Untuk Teknik analisis data yang digunakan pada uji normalitas yaitu dari Kolmogrov Smirnov serta uji homogenitas yang menggunakan Uji F (Levene), sedangkan Uji hipotesis menggunakan Uji Paired T test dengan taraf signifikan 95% atau alpha () 5% dengan SPSS 21. Hasil analisis data diperoleh rerata Pre-Test siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut = 55,83 dengan SD = 8,313 dan 52,17 dengan SD = 7,154, sedangkan nilai rerata Post-Test setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) = 85,33 dengan SD = 8,899. Jika dilihat dalam bentuk presentase, kenaikan hasil belajar secara eksperimen sebesar 58,08% sedangkan kelas kontrol sebesar 38,62%. Nilai Sig.(2-tailed) hasil belajar sebesar 0,000 < 0,05 dengan TTabel = 2,001 Maka THitung > TTabel yaitu 15,934 > 2,001 artinya hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif serta signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada capaian pembelajaran Prosedur Penyimpanan Arsip kelas XI MPLB di SMK Swasta Budi Agung Medan TA. 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar Prosedur Penyimpanan Arsip |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64369 |