PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Putri, Vanya Ulfia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151004_Cover.pdf] Text
4203151004_Cover.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4203151004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4203151004_Abstrak.pdf] Text
4203151004_Abstrak.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 4203151004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151004_Kata_Pengantar.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 4203151004_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151004_Daftar_Isi.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 4203151004_BAB_I.pdf] Text
4203151004_BAB_I.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4203151004_BAB_II.pdf] Text
4203151004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[thumbnail of 4203151004_BAB_III.pdf] Text
4203151004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[thumbnail of 4203151004_BAB_IV.pdf] Text
4203151004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[thumbnail of 4203151004_BAB_V.pdf] Text
4203151004_BAB_V.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4203151004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 4203151004_Lampiran.pdf] Text
4203151004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Design Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Pancur Batu yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel yang berjumlah dua kelas dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII-F sebagai kelas ekksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Intrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi (84,75 + 6,37) dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model Problem Based Learning (76 + 5,26). Indikator dengan keterampilan berpikir kritis tertinggi ditunjukkan pada indikator memberi penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar dan memberi penjelasan lanjut dengan nilai 0,8. Kemudian pada indikator menyimpulkan dengan nilai 0,7 dan indikator mengatur strategi dan Teknik dengan nilai 0,6.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577.27 Put p
Keywords: Problem based learning; Berpikir kritis; Pencemaran lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jul 2025 09:15
Last Modified: 24 Jul 2025 09:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64341

Actions (login required)

View Item
View Item