Naibaho, Lia Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203311019_Cover.pdf
Download (253kB)
2203311019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (958kB)
2203311019_Abstrak.pdf
Download (358kB)
2203311019_Kata_Pengantar.pdf
Download (415kB)
2203311019_Daftar_Isi.pdf
Download (296kB)
2203311019_Daftar_Tabel.pdf
Download (240kB)
2203311019_Daftar_Gambar.pdf
Download (238kB)
2203311019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (239kB)
2203311019_BAB_I.pdf
Download (626kB)
2203311019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203311019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203311019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203311019_BAB_V.pdf
Download (294kB)
2203311019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (545kB)
2203311019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1
Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII sebanyak 163 siswa yang tersebar pada 4 kelas. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain post-test only control group design. Pengolahan data hasil posttest kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional diperoleh nilai rata-rata 63,75 kategori cukup, standar deviasi 19,75, dan standar eror 3,09. Sedangkan hasil posttest kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rountable berbantuan media visual diperoleh nilai rata-rata 83,75 kategori baik, standar deviasi 12,07, dan standar eror 1,90. Berdasarkan pengujian hipotesis uji normalitas nilai posttest
kelas kontrol dan eksperimen diperoleh bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Selanjutnya pada pengujian hipotesis uji homogenitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan berasal dari varian yang homogen. Pada pengujian hipotesis uji T diperoleh nilai thitung sebesar 5,44 dan ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan dk= 39 yaitu 1,69. Hal itu berarti nilai thitung 5,44 > ttabel 1,69 dan hipotesis penelitian atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media visual
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Roundtable; Media Visual; Teks Deskripsi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:13 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 04:13 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64307 |
