PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN

Naibaho, Lia Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311019_Cover.pdf] Text
2203311019_Cover.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 2203311019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of 2203311019_Abstrak.pdf] Text
2203311019_Abstrak.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 2203311019_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311019_Kata_Pengantar.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 2203311019_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311019_Daftar_Isi.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 2203311019_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311019_Daftar_Tabel.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 2203311019_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203311019_Daftar_Gambar.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 2203311019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 2203311019_BAB_I.pdf] Text
2203311019_BAB_I.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 2203311019_BAB_II.pdf] Text
2203311019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311019_BAB_III.pdf] Text
2203311019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311019_BAB_IV.pdf] Text
2203311019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311019_BAB_V.pdf] Text
2203311019_BAB_V.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 2203311019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 2203311019_Lampiran.pdf] Text
2203311019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1
Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII sebanyak 163 siswa yang tersebar pada 4 kelas. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain post-test only control group design. Pengolahan data hasil posttest kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional diperoleh nilai rata-rata 63,75 kategori cukup, standar deviasi 19,75, dan standar eror 3,09. Sedangkan hasil posttest kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rountable berbantuan media visual diperoleh nilai rata-rata 83,75 kategori baik, standar deviasi 12,07, dan standar eror 1,90. Berdasarkan pengujian hipotesis uji normalitas nilai posttest
kelas kontrol dan eksperimen diperoleh bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Selanjutnya pada pengujian hipotesis uji homogenitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan berasal dari varian yang homogen. Pada pengujian hipotesis uji T diperoleh nilai thitung sebesar 5,44 dan ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan dk= 39 yaitu 1,69. Hal itu berarti nilai thitung 5,44 > ttabel 1,69 dan hipotesis penelitian atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media visual
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Roundtable; Media Visual; Teks Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:13
Last Modified: 25 Jul 2025 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64307

Actions (login required)

View Item
View Item