Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Ekologi Di SMP Negeri 1 Delitua

Aulia, Riski (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Ekologi Di SMP Negeri 1 Delitua. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151026_Cover.pdf] Text
4203151026_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4203151026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 4203151026_Abstrak.pdf] Text
4203151026_Abstrak.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203151026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151026_Kata_Pengantar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203151026_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151026_Daftar_Isi.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4203151026_BAB_I.pdf] Text
4203151026_BAB_I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4203151026_BAB_II.pdf] Text
4203151026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[thumbnail of 4203151026_BAB_III.pdf] Text
4203151026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[thumbnail of 4203151026_BAB_IV.pdf] Text
4203151026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of 4203151026_BAB_V.pdf] Text
4203151026_BAB_V.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203151026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4203151026_Lampiran.pdf] Text
4203151026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekologi Di SMP Negeri 1 Delitua. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 66 siswa dari kelas VII-5 dan VII-6, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi sains, dengan variabel bebasnya adalah (model Discovery Learning dan model pembelajaran langsung) dan variabel terikatnya adalah kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VII-5 berada pada level 2 dengan skor 31 yang termasuk dalam kategori kurang. Namun, setelah penerapan model Discovery Learning kemampuan literasi sains meningkat menjadi level 4 dengan skor 69 dan masuk kedalam kategori cukup. Kesimpulannya, penerapan model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa pada materi ekologi di kelas VII-5 SMP Negeri 1 Delitua. Temuan ini memberikan sebuah implikasi yang penting untuk pengembangan pendekatan pembelajaran siswa yang lebih berorientasi pada masalah dalam meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Aul p
Keywords: Discovery learning; Literasi sains; Ekologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:40
Last Modified: 23 Jul 2025 06:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64246

Actions (login required)

View Item
View Item