Putri, Feni Amanda (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI BERBANTUAN MEDIA BUKU DIGITAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2201111002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Cover.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 2201111002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2201111002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Abstrak.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 2201111002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of 2201111002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Daftar_Isi.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 2201111002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 2201111002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 2201111002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 2201111002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_BAB_I.pdf
Download (447kB)
![[thumbnail of 2201111002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 2201111002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (950kB)
![[thumbnail of 2201111002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (905kB)
![[thumbnail of 2201111002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_BAB_V.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 2201111002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 2201111002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201111002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu; Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara tanpa menggunakan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media buku digital. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara dengan menggunakan Model Think Pair Share (TPS) berbantuan media buku digital.
Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media buku digital terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi
siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara. Dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara berjumlah 223 siswa, yang terdiri 7 kelas yaitu dari
kelas VII-1 hingga VII-7. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara, dengan sampel sebanyak 64 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling, sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 32
siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Teknik analisis data
menggunakan uji persyaratan analisis data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, nilai rata-rata
keterampilan menulis teks cerita fantasi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media buku digital siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara adalah 70,46 dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, nilai ratarata keterampilan menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media buku digital siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara adalah 77,81 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media buku digital terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara dengan thitung 5,00 > ttabel 1,99. Hal ini
membuktikan bahwa ada ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Think Pair And Share terhadap kemampuan menulis cerita fantasi berbantuan media buku digital pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Think Pair And Share; Teks Cerita Fantasi; Kemampuan Menulis; Media Buku Digital |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:31 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64053 |