Yasmin, Alya (2024) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203141031_Cover.pdf
Download (299kB)
7203141031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203141031_Abstrak.pdf
Download (598kB)
7203141031_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203141031_Daftar_Isi.pdf
Download (879kB)
7203141031_Daftar_Tabel.pdf
Download (341kB)
7203141031_Daftar_Gambar.pdf
Download (321kB)
7203141031_Daftar_Lampiran.pdf
Download (593kB)
7203141031_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203141031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
7203141031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203141031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7203141031_BAB_V.pdf
Download (866kB)
7203141031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (997kB)
7203141031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Hasil belajar merupakan mencapaian siswa dalam proses kegiatan belaajr megajar. Rendahnya disiplin belajar dan kecerdasan emosional dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Disiplin Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Metode pengambilan sampel adalah total sampling dengan populasi sebanyak 65 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dalam bentuk skala likert. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach Alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 26.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = Y = 15,856 + 0,765X1 + 0,326X2. Hasil pengujian dari hipotesis pertama (1) secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel (5,654 > 1,670) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis kedua (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dengan nilai dari thitung > ttabel (2,116 > 1,670) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,038 < 0,05). Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan (3), terdapat pengaruh disiplin belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (26,595 > 3,14) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,462 atau 46,2% dan sisanya 53,8% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Disiplin Belajar, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:37 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 08:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63980 |
