Siregar, Yunita Rahmah (2025) Pengembangan Media “Historical Heritage” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPAS SDIT Fauziah Binjai Timur T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311095_Cover.pdf
Download (240kB)
1203311095_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203311095_Kata_Pengantar.pdf
Download (410kB)
1203311095_Abstrak.pdf
Download (302kB)
1203311095_Daftar_Isi.pdf
Download (197kB)
1203311095_Daftar_Tabel.pdf
Download (257kB)
1203311095_Daftar_Gambar.pdf
Download (228kB)
1203311095_Daftar_Lampiran.pdf
Download (245kB)
1203311095_BAB_I.pdf
Download (664kB)
1203311095_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1203311095_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311095_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
1203311095_BAB_V.pdf
Download (239kB)
1203311095_Daftar_Pustaka.pdf
Download (476kB)
1203311095_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D). Pada tahap penelitian digunakan model ADDIE. Tahapan model ADDIE adalah analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDIT Fauziah terletak di Jl. Danau Sentani, Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru kelas IV SDIT Fauziah Binjai Timur., dan siswa kelas IV SDIT Fauziah Binjai Timur yang berjumlah 20 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah media Historical Heritage. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian Validasi media dan materi pembelajaran menjadi penentu kelayakan media. Media berdasarkan hasil akhir validasi memperoleh persentase kelayakan sebesar 93% yang masuk kedalam kategori sangat valid. Kemudian untuk materi berdasarkan validasi memperoleh persentase kelayakan 95% yang menandakan bahwa materi sangat layak digunakan. Melalui angket yang diberikan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh skor praktilitas sebesar 94% yang dimana angka ini masuk kedalam kategori sangat praktis. Peningkatan ini meliputi semua elemen berpikir kreatif, seperti kelancaran, adaptabilitas, keaslian, dan ketelitian. Kegiatan interaktif yang disediakan oleh media terbukti berguna dalam mendukung siswa untuk menciptakan ide-ide baru dan lebih detail.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Berfikir kreatif; Peninggalan sejarah; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:26 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 07:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63969 |
