PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE BERBANTUAN FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULISCERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMBUL

Rahmadani, Della Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE BERBANTUAN FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULISCERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2201111003_Cover.pdf] Text
2201111003_Cover.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 2201111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2201111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111003_Abstrak.pdf] Text
2201111003_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 2201111003_Kata_Pengantar.pdf] Text
2201111003_Kata_Pengantar.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 2201111003_Daftar_Isi.pdf] Text
2201111003_Daftar_Isi.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 2201111003_Daftar_Tabel.pdf] Text
2201111003_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 2201111003_Daftar_Gambar.pdf] Text
2201111003_Daftar_Gambar.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2201111003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2201111003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 2201111003_BAB_I.pdf] Text
2201111003_BAB_I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 2201111003_BAB_II.pdf] Text
2201111003_BAB_II.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 2201111003_BAB_III.pdf] Text
2201111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[thumbnail of 2201111003_BAB_IV.pdf] Text
2201111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111003_BAB_V.pdf] Text
2201111003_BAB_V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 2201111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2201111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 2201111003_Lampiran.pdf] Text
2201111003_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable berbantuan film pendek terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumbul. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI dengan sampel sebanyak 72 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen two group post-tets design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah dengan cara observasi, melakukan tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil data berdistribusi normal. Setelah dilakukan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan 0,05 dengan hasil uji normalitas data variabel X adalah (0, 0833 < 0,1499) dan hasil uji normalitas data variabel Y adalah (0,0942 < 0,1499). Hasil uji homogenitas adalah Fhitung < Ftabel yakni (0,72 < 4,13) serta uji hipotesis T0 >
Ttabel yaitu 3,52 > 2,032. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh ratarata siswa mencapai 83 yang termasuk dalam kategori baik. Pemerolehan nilai kategori sangat baik berada dalam persentase 56% sedangkan yang berada dalam kategori sangat kurang hanya mencapai 5%. Hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata siswa mencapai 68 termasuk dalam kategori cukup. Pemerolehan kategori sangat baik berada dalam persentase 11% sedangkan yang berada dalam kategori sangat kurang mencapai 28%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Sumbul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran Roundtable; menulis; cerita pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:32
Last Modified: 21 Jul 2025 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63957

Actions (login required)

View Item
View Item