Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Pratiwi, Sarah (2025) Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111034_Cover.pdf] Text
1213111034_Cover.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 1213111034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111034_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111034_Kata_Pengantar.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 1213111034_Abstrak.pdf] Text
1213111034_Abstrak.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 1213111034_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111034_Daftar_Isi.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 1213111034_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111034_Daftar_Tabel.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1213111034_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111034_Daftar_Gambar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 1213111034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1213111034_BAB_I.pdf] Text
1213111034_BAB_I.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 1213111034_BAB_II.pdf] Text
1213111034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111034_BAB_III.pdf] Text
1213111034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111034_BAB_IV.pdf] Text
1213111034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 1213111034_BAB_V.pdf] Text
1213111034_BAB_V.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 1213111034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 1213111034_Lampiran.pdf] Text
1213111034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning berbantuan Canva pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan 5 menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas V SDS Sultan Agung Pematangsiantar berjumlah 23 peserta didik 13 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, kuesioner (angket), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Uji Kelayakan mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli materi diperoleh persentase 83% dan validator ahli media diperoleh persentase 88% dengan kategori “Sangat Layak”. 2) Uji Kepraktisan oleh guru kelas V diperoleh persentase 90% dengan kategori “Sangat Praktis” selanjutnya, hasil respon peserta didik diperoleh persentase 89% dengan kategori “Sangat Praktis”. 3) Uji Keefektifan diperoleh nilai pretest sebesar 58.91 dengan kriteria “Tidak Tuntas” dan posttest sebesar 82.60 dengan kriteria “Tuntas”. Berdasarkan hasil temuan tersebut diharapkan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Canva demi menciptkan pembelajaran yang aktif dan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran IPA; Siswa sekolah dasar; Desain penegembangan implementasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:37
Last Modified: 18 Jul 2025 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63891

Actions (login required)

View Item
View Item