Pratiwi, Sarah (2025) Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213111034_Cover.pdf
Download (188kB)
1213111034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1213111034_Kata_Pengantar.pdf
Download (334kB)
1213111034_Abstrak.pdf
Download (327kB)
1213111034_Daftar_Isi.pdf
Download (358kB)
1213111034_Daftar_Tabel.pdf
Download (190kB)
1213111034_Daftar_Gambar.pdf
Download (186kB)
1213111034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (189kB)
1213111034_BAB_I.pdf
Download (538kB)
1213111034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1213111034_BAB_V.pdf
Download (302kB)
1213111034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (337kB)
1213111034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning berbantuan Canva pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan 5 menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas V SDS Sultan Agung Pematangsiantar berjumlah 23 peserta didik 13 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, kuesioner (angket), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Uji Kelayakan mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli materi diperoleh persentase 83% dan validator ahli media diperoleh persentase 88% dengan kategori “Sangat Layak”. 2) Uji Kepraktisan oleh guru kelas V diperoleh persentase 90% dengan kategori “Sangat Praktis” selanjutnya, hasil respon peserta didik diperoleh persentase 89% dengan kategori “Sangat Praktis”. 3) Uji Keefektifan diperoleh nilai pretest sebesar 58.91 dengan kriteria “Tidak Tuntas” dan posttest sebesar 82.60 dengan kriteria “Tuntas”. Berdasarkan hasil temuan tersebut diharapkan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Canva demi menciptkan pembelajaran yang aktif dan efektif
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran IPA; Siswa sekolah dasar; Desain penegembangan implementasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:37 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 02:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63891 |
