PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 6 PERCUT SEI TUAN

Siahaan, Aprilya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411002_Cover.pdf] Text
2202411002_Cover.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 2202411002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411002_Abstrak.pdf] Text
2202411002_Abstrak.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 2202411002_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411002_Kata_Pengantar.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 2202411002_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411002_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 2202411002_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411002_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2202411002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202411002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 2202411002_BAB_I.pdf] Text
2202411002_BAB_I.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 2202411002_BAB_II.pdf] Text
2202411002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[thumbnail of 2202411002_BAB_III.pdf] Text
2202411002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[thumbnail of 2202411002_BAB_IV.pdf] Text
2202411002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411002_BAB_V.pdf] Text
2202411002_BAB_V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 2202411002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 2202411002_Lampiran.pdf] Text
2202411002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Prediction Guide terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII dengan sampel sebanyak 64 siswa. Instrumen penilaian yang digunakan adalah struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita fantasi. Metode yang digunakan
adalah metode eksperimen two group post-test design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, melakukan tes, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan uji persyaratan analisis data, uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa hasil data
berdistribusi normal. Setelah dilakukan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan 0.05, hasil uji normalitas data variabel X adalah (0,1514 < 0,1568), dan
hasil uji normalitas data variabel Y adalah (0,1529 < 0,1568). Hasil uji homogenitas adalah Fhitung < Ftabel yakni 1,72 < 4,17, dan uji hipotesis t0 > ttabel yaitu 3,56 > 2,039. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata siswa mencapai 80,87 yang termasuk dalam kategori baik. Pemerolehan nilai kategori sangat baik berada dalam persentase 47% sedangkan yang berada dalam kategori sangat kurang hanya mencapai 6%. Hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata siswa mencapai 68 termasuk dalam kategori cukup. Pemerolehan kategori sangat baik berada dalam persentase 3%, sedangkan yang berada dalam kategori sangat kurang mencapai 31%. Hal ini membuktikan bahwa
model pembelajaran Prediction Guide memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan dalam menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Menulis; teks cerita fantasi; model pembelajaran Prediction Guide
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:08
Last Modified: 17 Jul 2025 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63815

Actions (login required)

View Item
View Item