PENGARUH KECERDASAN EMOS IONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 MEDAN DENGAN PERILAKU BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Br Sinuhaji, Yuli Anastasya (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOS IONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 MEDAN DENGAN PERILAKU BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203342012_Cover.pdf] Text
7203342012_Cover.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 7203342012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203342012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342012_Abstrak.pdf] Text
7203342012_Abstrak.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of 7203342012_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203342012_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342012_Daftar_Isi.pdf] Text
7203342012_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342012_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203342012_Daftar_Tabel.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of 7203342012_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203342012_Daftar_Gambar.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 7203342012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203342012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of 7203342012_BAB_I.pdf] Text
7203342012_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203342012_BAB_II.pdf] Text
7203342012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 7203342012_BAB_III.pdf] Text
7203342012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203342012_BAB_IV.pdf] Text
7203342012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 7203342012_BAB_V.pdf] Text
7203342012_BAB_V.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of 7203342012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203342012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203342012_Lampiran.pdf] Text
7203342012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya pemahaman
akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1). pengaruh kecerdasan emosional terhadap
pemahaman akuntansi. (2). pengaruh kecerdasan spiritual terhadap pemahaman
akuntansi. (3). pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap
pemahaman akuntansi. (4). apakah perilaku belajar memoderasi hubungan
kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi. (5). apakah perilaku belajar
memoderasi hubungan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi. Jenis
penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X AKL SMK Negeri 1 Medan berjumlah 140 siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah 140 siswa, dimana teknik pengambilan sampel adalah total
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner penelitian dan soal tes
pemahaman akuntansi. Kuesioner penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan
reliabilitas, sementara soal tes pemahaman akuntansi tidak diuji validitas dan
reliabilitas karena menggunakan tes pilihan ganda dari buku teks sekolah yang telah
ber-ISBN. Kemudian data diolah dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25.
Dari hasil regresi analisis linear MRA persamaan 1 diperoleh nilai Y = 23.124
+ 0,320 (KE) + 0,700 (KS). Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan pemahaman
akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (23.424 > 1,978) dan nilai signifikansi lebih
kecil dari 0,000 (0,000 < 0,05); kecerdasan spiritual dan pemahaman akuntansi
dengan nilai thitung > ttabel (13.993 > 1,978) dan nilai signifikansi lebih kecil dari
0,000 (0,000 < 0,05). Lalu hasil regresi analisis linear MRA persamaan 2 diperoleh
nilai Y = 43,705 + 0.097 (KE) + 1,585 (KS) + 0.797 (PB) + 0.001 (KEP*B) + 0.003
(KS*PB). Dilihat dari perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai
thitung > ttabel (92,617 > 1,978) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,000 (0,000 <
0,05). Lebih lanjut, hasil regresi interaksi perilaku belajar memoderasi kecerdasan
emosional terhadap pemahaman akuntansi bernilai positif + 0,001 dengan nilai
thitung dan ttabel (2.044 > 1,978), serta nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05
(0,043< 0,05). sedangkan untuk hasil regresi interaksi perilaku belajar memoderasi
kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi bernilai positif + 0,003 dengan
nilai thitung dan ttabel (2.455> 1,978), serta nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05
(0,015< 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Pemahaman Akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 Jul 2025 05:06
Last Modified: 16 Jul 2025 05:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63767

Actions (login required)

View Item
View Item