PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN

Sinaga, Agape Viandasari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411005_Cover.pdf] Text
2202411005_Cover.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 2202411005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411005_Abstrak.pdf] Text
2202411005_Abstrak.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 2202411005_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411005_Kata_Pengantar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 2202411005_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411005_Daftar_Isi.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 2202411005_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411005_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2202411005_BAB_I.pdf] Text
2202411005_BAB_I.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 2202411005_BAB_II.pdf] Text
2202411005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[thumbnail of 2202411005_BAB_III.pdf] Text
2202411005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411005_BAB_IV.pdf] Text
2202411005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411005_BAB_V.pdf] Text
2202411005_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 2202411005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 2202411005_Lampiran.pdf] Text
2202411005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Direct instruction berbantuan media video youtube dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Populasi
pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 118 siswa. Sampel terdiri dari 60 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 30 orang dan kelas eksperimen sebanyak 30 orang. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen two group post-test design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tergolong ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 68. 2) Kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media video youtube tergolong ke
dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 83,86. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai siswa menggunakan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media video youtube lebih tinggi dibandingkan nilai siswa menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media video
youtube. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi α = 0,05 dan n=30,diperoleh ttabel = 2,042. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel
yaitu, 7,69 > 2,042, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Direct Instruction terhadap keterampilan
menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Direct Instruction; Menulis; Teks Ulasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:27
Last Modified: 16 Jul 2025 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63751

Actions (login required)

View Item
View Item