Prasuci, Tutut Adelia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 PANTAI CERMIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203342002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Cover.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Abstrak.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203342002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203342002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203342002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 7203342002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203342002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 1 Pantai Cermin.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Pantai Cermin. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian yakni seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu seluruh siswa dari total populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 orang dan siswa kelas XI AKL 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model Problem Based Learning sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pre-test dan pos-test. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS versi 25.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre-test pada kelas eksperimen adalah 42,14 dan kelas kontrol 35,48. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 81,07 dan kelas kontrol adalah 62,58. Hasil analisis data penelitian adalah berdistribusi normal dan homogen dalam penelitian ini, maka syarat untuk melakukan uji hipotesis melalui Independen Sample T-Test terpenuhi. Pada uji hipotesis melalui Independen Sample T-Test, didapatkan hasil bahwa nilai sig. (2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05.
Dengan demikian dapat maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dan terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas yang menggunakan model Problem Based Learning daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AKL dalam mata pelajaran pratikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur dengan materi laporan laba rugi di SMKN 1 Pantai Cermin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63718 |