Hasibuan, Putri Wahyuni (2025) Pengembangan E-Modul Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 064966 Medan Perjuangan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1201111041_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Cover.pdf
Download (48kB)
![[thumbnail of 1201111041_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (904kB)
![[thumbnail of 1201111041_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Kata_Pengantar.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 1201111041_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Abstrak.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 1201111041_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Daftar_Isi.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of 1201111041_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 1201111041_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 1201111041_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 1201111041_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_BAB_I.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 1201111041_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1201111041_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
![[thumbnail of 1201111041_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 1201111041_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_BAB_V.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 1201111041_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Daftar_Pustaka.pdf
Download (338kB)
![[thumbnail of 1201111041_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111041_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Peneitian ini memiiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui kepraktisan E-Modul dengan pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran IPAS, (2) Mengetahui Keefektifan E-Modul dengan pembelajaran Berdiferensiasi pada pelajaran IPAS, dan (3) Menghasilkan produk E-Modul dengan pembelajaran Berdiferensiasi pada pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research And Development) yang menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu: Define, Design, Develop dan Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 064966 Medan Perjuangan yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan lembar soal Pre–test dan Port–test. Penelitian pengembangan ini menghasilkan: (1) Pengembangan E-Modul dengan pembelajaran Berdiferensiasi, (2) Uji kelayakan E-Modul oleh ahli materi terdapat kalasifikasi “Sangat Layak” berada pada presentase 92%, ahli Media E-Modul terdapat kalasifikasi “Sangat Layak” berada pada presentase 87%, Dan praktisi pendidikan terdapat kalasifikasi “Sangat Praktis” berada pada presentase 92%, serta hasil uji coba terhadap siswa dengan memberikan pretest dan posttest yang diperoleh dari skor rata-rata dengan perselisihan dari 42,27 menjadi 85,22, maka penggunaan media E-Modul dengan pembelajaran berdiferensiasi ini efektif dan dapat meningkatkan ketuntasan terhadap hasil belajar siswa (3) Uji keefektifan E-Modul didapat dari angket tanggapan siswa yang memperoleh skor sebesar 90% dikategorikan “sangat efektif” pada penggunaan media E-Modul dengan pembelajaran Berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS materi BAB VIII membangun masyarakat yang beradab pada kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan E-Modul dengan pembelajaran Berdiferensiasi pada pelajaran IPAS dinyatakan sangat layak, sangat praktis, dan efektif diterapkan dalam pembelajaran. Implementasi penelitian ini yaitu E-Modul dengan pembelajaran Berdiferensiasi pada pelajaran IPAS dapat meningkatkan beberapa kompetensi siswa secara sekaligus. Disarankan bagi pendidik supaya dapat mengembangkan E-Modul dengan pembelajaran Berdiferensiasi untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Meningkatkan hasil belajar; Pembelajaran berdifrensiasi Pembelajaran IPA |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63682 |