Pandiangan, Getsby Lewi Debora (2022) Stilistika dan Nilai Pendidikan Novel “Pulang-Pergi” Karya Tere Liye dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Kelas XII SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183111001 COVER.pdf
Download (132kB)
2. NIM 2183111001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (393kB)
3. NIM 2183111001 ABSTRACT.pdf
Download (302kB)
4.NIM 2183111001 PREFACE.pdf
Download (446kB)
5. NIM 2183111001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (518kB)
6. NIM 2183111001 LIST OF TABLE.pdf
Download (379kB)
7. NIM 2183111001 LIST OF FIGURE.pdf
Download (363kB)
8. NIM 2183111001 APPENDICES.pdf
Download (289kB)
9. NIM 2183111001 CHAPTER I.pdf
Download (828kB)
10. NIM 2183111001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 2183111001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (418kB)
12. NIM 2183111001 CHPATER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. NIM 2183111001 CHAPTER V.pdf
Download (272kB)
14. NIM 2183111001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (506kB)
15. NIM 2183111001 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (i) pemanfaatan bentuk retorika
dan citraan dalam novel Pulang-Pergi, (ii) nilai-nilai pendidikan dalam novel
Pulang-Pergi berdasarkan sumber data yang diperoleh dari novel, buku teori, (iii)
relevansinya dalam pembelajaran sastra Indonesia kelas XII SMA. Penelitian ini
merupakan penelitian jenis kualitatif. Sumber data didapatkan dari novel karya
Tere Liye yang berjudul Pulang-Pergi, buku-buku teori, dan informan. Metode
penelitian ini yaitu metode deskriptif. Berdasarkan hasil dari penelitian yang
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) stilistika berupa retorika dalam novel
Pulang-Pergi yang meliputi pemanfaatan bahasa figuratif dan citraan. Terdapat
beberapa pemanfaatan bahasa figuratif dalam novel Pulang-Pergi yaitu majas dan
lambang. Adapun bahasa figuratif berupa majas dalam novel Pulang-Pergi
meliputi simile, metafora, personifikasi, antitesis, pleonasme/tautologi, perifrasis,
koreksio, hiperbola, klimaks, antiklimaks, sinisme, sarkasme, sinekdoke, epitet,
antonomasia, elipsis, asindeton, dan polisindeton. Sedangkan pemanfaatan
retorika berupa citraan dalam novel Pulang-Pergi mencakup citraan penglihatan
(visual), pendengaran (auditif), gerak, dan rabaan. (2) nilai-nilai pendidikan yang
terkandung dalam novel Pulang-Pergi yaitu mencakup nilai pendidikan agama,
nilai pendidikan moral, dan nilai pendidikan sosial, (3) relevansi novel Pulang-
Pergi dalam pembelajaran sastra Indonesia Kelas XII SMA berdasarkan kriteria
bahan ajar sastra dan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) kelas XII semester 2.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Stilistika; Nilai Pendidikan; Pembelajaran Sastra |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:45 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 03:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63654 |
