Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI di SMKN 13 Medan

-, Wahyudi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI di SMKN 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193131018_Cover.pdf] Text
5193131018_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 5193131018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193131018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (843kB)
[thumbnail of 5193131018_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193131018_Kata_Pengantar.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of 5193131018_Abstrak.pdf] Text
5193131018_Abstrak.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 5193131018_Daftar_Isi.pdf] Text
5193131018_Daftar_Isi.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 5193131018_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193131018_Daftar_Tabel.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 5193131018_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193131018_Daftar_Gambar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 5193131018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193131018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 5193131018_BAB_I.pdf] Text
5193131018_BAB_I.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 5193131018_BAB_II.pdf] Text
5193131018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193131018_BAB_III.pdf] Text
5193131018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193131018_BAB_IV.pdf] Text
5193131018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193131018_BAB_V.pdf] Text
5193131018_BAB_V.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 5193131018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193131018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of 5193131018_Lampiran.pdf] Text
5193131018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar Instalasi Penerangan Listrik siswa pada kompetensi dasar menentukan komponen instalasi lampu penerangan pada bangunan dan menerapkan prosedur pemasangan PHB lampu penerangan pada bangunan sederhana sederhana kelas XI TITL di SMK N 13 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI TITL SMKN 13 Medan T.P 2023/2024 yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas XI TITL 1 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI TITL 2 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) adalah sebesar 59,7. Sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) adalah sebesar 45,2. Dengan demikian hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL), untuk itu model Creative Problem Solving (CPS) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Creative Problem Solving (CPS), Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Instalasi Penerangan Listrik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:27
Last Modified: 14 Jul 2025 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63510

Actions (login required)

View Item
View Item