PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKL 3 SMKN 1 PEMATANGSIANTAR

Hutabarat, Citra Yohana (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKL 3 SMKN 1 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202442009_Cover.pdf] Text
7202442009_Cover.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 7202442009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202442009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202442009_Abstrak.pdf] Text
7202442009_Abstrak.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of 7202442009_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202442009_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202442009_Daftar_Isi.pdf] Text
7202442009_Daftar_Isi.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 7202442009_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202442009_Daftar_Tabel.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 7202442009_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202442009_Daftar_Gambar.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 7202442009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202442009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 7202442009_BAB_I.pdf] Text
7202442009_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202442009_BAB_II.pdf] Text
7202442009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7202442009_BAB_III.pdf] Text
7202442009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7202442009_BAB_IV.pdf] Text
7202442009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[thumbnail of 7202442009_BAB_V.pdf] Text
7202442009_BAB_V.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of 7202442009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202442009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202442009_Lampiran.pdf] Text
7202442009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 3 SMKN 1 Pematangsiantar yang berjumlah 33 orang siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem based learning dengan metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari lembar observasi keaktifan siswa pada siklus I terdapat 14 siswa (42,4%) yang masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 30 siswa (90,9%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari Pre-test diperoleh rata-rata nilai 56,42 dengan siswa yang tuntas 8 orang (24,24%) dan Post test siklus I dengan rata–rata nilai 70,39 dengan siswa yang tuntas 15 orang (45,45%) dan meningkat di hasil Post Test siklus II dengan nilai rata-rata 86,64 dengan siswa yang tuntas 33 siswa (100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥80%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 3 SMKN 1 Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keaktifan belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Inkuiri terbimbing, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 11 Jul 2025 04:41
Last Modified: 11 Jul 2025 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63455

Actions (login required)

View Item
View Item