Manik, Chatrine Bernadetta (2024) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURUDAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARAKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMKN 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203342001_Cover.pdf
Download (575kB)
7203342001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203342001_Abstrak.pdf
Download (1MB)
7203342001_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
7203342001_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7203342001_Daftar_Tabel.pdf
Download (572kB)
7203342001_Daftar_Gambar.pdf
Download (569kB)
7203342001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (585kB)
7203342001_BAB_I.pdf
Download (5MB)
7203342001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
7203342001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7203342001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
7203342001_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7203342001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
7203342001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/ 2024; (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/ 2024. (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/ 2024.
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian kasual komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 55 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan kepada 35 siswa di SMK Negeri 13 Medan. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji Normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis pertama dan kedua dengan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga dengan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan persamaan regresi yang terbentuk Y= 1,058X1-14,264 dan nilai rx1y (0,276), r2 x1y (0,525) serta thitung (4,495) > ttabel (2,308) pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan persamaan regresi yang terbentuk Y= 1,030X2-16,583 dan nilai rx2y (0,624), r2 x2y ( 0,390) serta thitung (5,818) > ttabel (2,308) pada taraf signifikansi 0,05%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan persamaan regresi yang terbentuk Y= 0,653X1+0,812X2+16,583 dan nilai Ry(1,2) sebesar 0,691, R 2 y(1,2) sebesar 0,477 serta Fhitung (23,741) > Ftabel (3,171) pada taraf signifikansi 5%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Kebiasaan Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:49 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 08:49 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63395 |
