Ananda, Annisa Adhithya (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN DENGAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203142005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Cover.pdf
Download (304kB)
![[thumbnail of 7203142005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (902kB)
![[thumbnail of 7203142005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Abstrak.pdf
Download (554kB)
![[thumbnail of 7203142005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Daftar_Isi.pdf
Download (905kB)
![[thumbnail of 7203142005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Daftar_Tabel.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of 7203142005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Daftar_Gambar.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of 7203142005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of 7203142005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203142005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203142005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203142005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203142005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_BAB_V.pdf
Download (550kB)
![[thumbnail of 7203142005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih terdapat hasil belajar siswa yang
belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi persamaan dasar
akuntansi mata pelajaran dasar-dasar akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa, pengaruh
kecerdasan emosional terhadap literasi digital, pengaruh literasi digital terhadap
hasil belajar, serta pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap hasil
belajar siswa melalui literasi digital sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi Tp. 2024/2025
di SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Medan yang berjumlah 71 siswa. Teknik
pengambilan sampel yaitu dengan total sampling. Jumlah sampel yang digunakan
yaitu sebanyak 71 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa
dokumentasi nilai ujian harian siswa dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software
SmartPLS. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma,
PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan p value dengan
uji signifikansi lebih kecil dari 0,05.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan
indikator outer loading lebih tinggi dari 0,7. Hasil uji hipotesis menunjukkan Untuk
pengaruh Kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa p-value lebih kecil
dari taraf signifikansi 0,05 (0.015 < 0,05), maka H0 ditolak atau dengan kata lain
kecerdasan Emosional memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk
pengaruh Kecerdasan emosional terhadap literasi digital siswa p-value lebih kecil
dari taraf signifikansi 0,05 (0.000 < 0,05), maka H0 ditolak atau dengan kata lain
kecerdasan Emosional memiliki pengaruh terhadap literasi digital siswa. Untuk
pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa p-value lebih kecil dari taraf
signifikansi 0,05 (0.020 < 0,05), maka H0 ditolak atau dengan kata lain Literasi
digital memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk pengaruh kecerdasan
emosional terhadap hasil belajar siswa yang dimediasi oleh literasi digital p-value
lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0.023< 0,05), H0 ditolak atau dengan kata
lain Literasi digital memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Literasi Digital, Smart PLS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:00 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63389 |