Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Sistem Pencernaan Peserta didik Kelas VIII SMP Pahlawan Nasional

Theresia, Monica (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Sistem Pencernaan Peserta didik Kelas VIII SMP Pahlawan Nasional. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183351002_Cover.PDF] Text
4183351002_Cover.PDF

Download (67kB)
[thumbnail of 4183351002_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
4183351002_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (920kB)
[thumbnail of 4183351002_Abstrak.pdf] Text
4183351002_Abstrak.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4183351002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183351002_Kata_Pengantar.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4183351002_Daftar_Isi.pdf] Text
4183351002_Daftar_Isi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4183351002_BAB_I.pdf] Text
4183351002_BAB_I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4183351002_BAB_II.pdf] Text
4183351002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[thumbnail of 4183351002_BAB_III.pdf] Text
4183351002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of 4183351002_BAB_IV.pdf] Text
4183351002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[thumbnail of 4183351002_BAB_V.pdf] Text
4183351002_BAB_V.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4183351002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183351002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4183351002_Lampiran.pdf] Text
4183351002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berpikir kritis adalah kemampuan dalam menganalisa, mengelolah informasi, dan merancang memecahkan masalah. Model PBL adalah Peserta didik dapat berperan aktif dalam memecahkan permasalahan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes objectif esai kemampuan berpikir kritis sebanyak 12 soal pre-test dan post-test. Penelitian menggunakan uji validasi instrumen, uji prasyarat, uji hipotesis, uji Cohen’s. uji normalitas pretest kelas kontrol didapatkan hasil normal dengan 0,015 > dari 0,05 sedangkan kelas eksperimen didapatkan hasil 0,075 > dari 0,05 dan dinyatakan normal. Uji homogen dididapatkan 0,427 > 0,05, dan dikatakan homegen. Uji hipotesis didapatkan hasil adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Adapun rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 60 kelas kontrol 50 sedangkan pada posttes kelas eksperimen 87 kelas kontrol 78 Sedangkan uji Cohen’s didapatkan hasil 1.16 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dengan berbantuan video dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan pengaruhnya yang diperoleh adalah sedang. Model PBL berbantuan video berpengaruh juga terhadap tiap – tiap indikator kemampuan berpikir kritis yang dimana rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL adalah 84,08 dan rata-rata kemampuan pada kelas control yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional dengan metode ceramah adalag 73,16.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.3 The p
Keywords: Problem based learning; Berpikir kritis; Sistem pencernaan manusia; Video pembelajaran; Media visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:54
Last Modified: 09 Jul 2025 06:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63314

Actions (login required)

View Item
View Item