Sitorus, Nicholas Rainhard A. (2024) Studi Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Teknik Pemesinan Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5173321034_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Cover.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 5173321034_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 5173321034_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Kata_Pengantar.pdf
Download (170kB)
![[thumbnail of 5173321034_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Abstrak.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 5173321034_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Daftar_Isi.pdf
Download (58kB)
![[thumbnail of 5173321034_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Daftar_Tabel.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 5173321034_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 5173321034_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 5173321034_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_BAB_I.pdf
Download (303kB)
![[thumbnail of 5173321034_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (703kB)
![[thumbnail of 5173321034_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (683kB)
![[thumbnail of 5173321034_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (925kB)
![[thumbnail of 5173321034_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_BAB_V.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 5173321034_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of 5173321034_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173321034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi hasil belajar teknik pemesinan pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Faktor-faktor yang diteliti meliputi kecerdasan dan
kemampuan kognitif, motivasi dan minat belajar, gaya belajar, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga. Sub-variabel dalam kecerdasan dan kemampuan kognitif termasuk kemampuan memecahkan masalah, keterampilan berpikir logis, dan keterampilan berpikir kritis. Motivasi dan minat belajar
dievaluasi melalui ketekunan dan kemandirian dalam belajar. Gaya belajar dianalisis berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Lingkungan sekolah difokuskan pada fasilitas dan sarana prasarana serta metode pengajaran
dan kurikulum. Sementara itu, lingkungan keluarga mencakup dukungan emosional dan psikologis serta dukungan akademis.
Metode penelitian ini menggunakan teknik confirmatory factor analysis. Jumlah populasi adalah 66 siswa maka jumlah populasi tersebut diambil sebagai sampel. Maka penelitian ini disebut penelitian populasi, yakni menggunakan
keseluruhan dari anggota populasi untuk melihat keseluruhan lika-liku yang ada dalam populasi. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan dukungan motivasional dan akademis baik dari lingkungan sekolah maupun keluarga untuk mencapai
hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat faktor utama yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Faktor-faktor
tersebut mencakup lingkungan belajar komprehensif, dukungan akademis dan pendekatan belajar yang efektif, preferensi belajar auditori, serta kemampuan berpikir logis siswa. Analisis faktor ini memberikan pemahaman yang lebih dalam
tentang dinamika variabel-variabel yang berkontribusi terhadap hasil belajar siswa di lingkungan pendidikan teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | analisis faktor; hasil belajar; faktor-faktor belajar; kecerdasan kognitif; motivasi belajar; gaya belajar; lingkungan sekolah; lingkungan keluarga |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:16 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63255 |