Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 174552 Tambunan.

Nomensen, Feliando (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 174552 Tambunan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213311073_Cover.pdf] Text
1213311073_Cover.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1213311073_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213311073_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 1213311073_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213311073_Kata_Pengantar.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 1213311073_Abstrak.pdf] Text
1213311073_Abstrak.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1213311073_Daftar_Isi.pdf] Text
1213311073_Daftar_Isi.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 1213311073_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213311073_Daftar_Tabel.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1213311073_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213311073_Daftar_Gambar.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 1213311073_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213311073_Daftar_Lampiran.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1213311073_BAB_I.pdf] Text
1213311073_BAB_I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 1213311073_BAB_II.pdf] Text
1213311073_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213311073_BAB_III.pdf] Text
1213311073_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[thumbnail of 1213311073_BAB_IV.pdf] Text
1213311073_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[thumbnail of 1213311073_BAB_V.pdf] Text
1213311073_BAB_V.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1213311073_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213311073_Daftar_Pustaka.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 1213311073_Lampiran.pdf] Text
1213311073_Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN
174552 Tambunan. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang bersifat
konvensional yang berpusat kepada guru, kurangnya keterlibatan siswa dalam
pembelajaran serta minimnya integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran role playing berbasis kearifan
lokal yang didasarkan oleh teori belajar konstruktivisme yang menekankan proses
pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dengan membangun
pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi sosialnya. Penelitian ini
menggunakan desain nonequivalent control group dengan sampel 46 peserta didik
(kelas eksperimen 22 peserta didik dan kelas kontrol 24 peserta didik). Instrumen
penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji cobakan. Data dianalisis
menggunakan uji normalitas (Shapiro-Wilk), homogenitas (Levene), dan uji
hipotesis (Paired Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran role playing berbasis kearifan lokal berpengaruh signifikan terhadap
peningkatan hasil belajar IPAS (nilai sig. 0,001 < 0,05). Nilai rata-rata postest
kelas eksperimen (84,09) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol
(60,42). Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing
berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Kearifan lokal; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:43
Last Modified: 08 Jul 2025 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63226

Actions (login required)

View Item
View Item