Sitohang, Carolus Frotus (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut Kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173121007_Cover.pdf
Download (86kB)
5173121007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (224kB)
5173121007_Kata_Pengantar.pdf
Download (150kB)
5173121007_Abstrak.pdf
Download (248kB)
5173121007_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
5173121007_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
5173121007_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
5173121007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (54kB)
5173121007_BAB_I.pdf
Download (474kB)
5173121007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (826kB)
5173121007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (732kB)
5173121007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173121007_BAB_V.pdf
Download (112kB)
5173121007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (232kB)
5173121007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pendidikan di era digital menekankan penggunaan teknologi sebagai pendukung pembelajaran, termasuk pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning seperti Lectora Inspire. Di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi teknik permesinan bubut, dan observasi
menunjukkan minat yang rendah terhadap sumber belajar konvensional. Solusi yang ditawarkan adalah pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa serta efektivitas pembelajaran teknik permesinan bubut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian siswa dan memberikan inspirasi bagi pengembangan media pembelajaran di lembaga pendidikan teknik dan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire untuk mata pelajaran teknik pemesinan bubut di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, menilai kelayakan media tersebut dalam pembelajaran, serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa di bidang teknik pemesinan bubut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut ini peneliti menggunakan model Four-D Models yang terdiri dari empat tahap pengembangan tahap Pendefinisian (define), tahap perancanaan (design), tahap pengembangan (develop), penyebaran (dissminate). Hasil penelitian ini mengembangkan media pembelajaran menggunakan lectora
inspire. Penggunaan media pembelajaran yang menggunakan Lectora Inspire pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut kelas XI Teknik Permesinan dianggap layak untuk digunakan oleh siswa, dengan rerata skor perolehan ahli materi (4,49), ahli media (4,51), uji coba skala kecil (4,28), dan uji lapangan (4,30). Dengan menggunakan media pembelajaran yang menggunakan Lectora Inspire pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut kelas XI di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, hasil belajar siswa telah meningkat sekitar 76,2% menurut penilaian efektivitas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire telah dianggap efektif dalam proses pembelajaran bagi peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengembangan media; lectora inspire |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 04 Jul 2025 09:50 |
| Last Modified: | 04 Jul 2025 09:50 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63156 |
