Silalahi, Chintya Monika (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII SMP SWASTA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203351026_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_Cover.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 4203351026_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 4203351026_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_Abstrak.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 4203351026_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_Kata_Pengantar.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 4203351026_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_Daftar_Isi.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 4203351026_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_BAB_I.pdf
Download (267kB)
![[thumbnail of 4203351026_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (409kB)
![[thumbnail of 4203351026_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (314kB)
![[thumbnail of 4203351026_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (299kB)
![[thumbnail of 4203351026_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_BAB_V.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 4203351026_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 4203351026_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII di SMP Swasta RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pengajaran 2023/2024; (2) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII di SMP Swasta RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest dan Posttest Control Group Design. Penentuan sampel ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel menggunakan 2 kelas yaitu kelas VII-2 (Kelas eksperimen) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan VII-3 (kelas kontrol) tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 47,40 dan 83,33 dan kelas kontrol adalah 36,48 dan 73,88. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test menggunkan SPSS versi 24,0. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII SMP Swasta RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2023/2024. Pada kelas eksperimen hasil n-gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi dan 0,60 kategori sedang hasil n-gain pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII SMP Swasta RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 578.7 Sil p |
Keywords: | nkuiri terbimbing; Hasil belajar; Keanekaragaman hayati; Pembelajaran langsung; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:49 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63143 |