SEBAYANG, SAMUEL PUTRA BAHAGIA (2024) "Rainforest Guesthouse” Atraksi Wisata Bukit Lawang Sebagai Ide Penciptaan Poster Pariwisata. Undergraduate thesis, UNIMED.
2172151009_Cover.pdf
Download (264kB)
2172151009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2172151009_Abstrak.pdf
Download (211kB)
2172151009_Kata_Pengantar.pdf
Download (493kB)
2172151009_Daftar_Isi.pdf
Download (158kB)
2172151009_Daftar_Tabel.pdf
Download (157kB)
2172151009_Daftar_Gambar.pdf
Download (131kB)
2172151009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (130kB)
2172151009_BAB_I.pdf
Download (342kB)
2172151009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
2172151009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2172151009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
2172151009_BAB_V.pdf
Download (211kB)
2172151009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (209kB)
2172151009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan karya poster pariwisata yang efektif
dalam mempromosikan atraksi wisata di Bukit Lawang, khususnya yang disediakan
oleh Rainforest Guesthouse. Tujuan utama penciptaan poster ini adalah untuk
menuangkan ide serta gagasan penulis mengenai atraksi wisata yang tersedia,
dengan menggunakan pendekatan desain yang kreatif dan informatif.
Metode penciptaan poster ini meliputi beberapa tahapan: Empathize (membangun
empati terhadap permasalahan), Define (mendefinisikan masalah untuk fokus pada
isu inti), Ideate (mengumpulkan ide dan inspirasi), Prototype (menghasilkan
purwarupa dalam bentuk poster pariwisata), dan Test (uji penilaian terhadap hasil
purwarupa)
Hasil akhir dari penelitian ini berupa sepuluh poster pariwisata berukuran A3
dengan format vertikal (portrait), yang menampilkan objek utama berupa atraksi
dan kegiatan wisata yang ditawarkan oleh Rainforest Guesthouse. Hasil skor yang
didapat dari kedua validator penilaian menunjukkan keunggulan di ke-empat aspek
penilaian dengan skala penilaian 1-4, dengan poster 10 sebagai skor tertinggi yaitu
3,88, diikuti dengan poster 3, poster 4, poster 7, poster 8, poster 10 dengan skor
3,75, kemudian poster 5 dan poster 6 dengan skor 3,63 dan poster 2, poster 9 dengan
nilai 3,5.
Berdasarkan hasil proyek studi ini, dapat disimpulkan bahwa poster-poster yang
dihasilkan berhasil menggambarkan ide dan gagasan terkait atraksi wisata di Bukit
Lawang Selain itu, poster ini juga dapat digunakan sebagai media promosi yang
efektif untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Bukit Lawang, Sumatera
Utara.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Poster Pariwisata, Bukit Lawang; Rainforest Guesthouse; Atraksi Wisata; Promosi |
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:09 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 03:09 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63115 |
