Pengembangan Multimedia Interaktif Berdiferensiasi Berbasis TPACK pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Swasta lwashliyah 80 Kisaran

Aulia, Bunga (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berdiferensiasi Berbasis TPACK pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Swasta lwashliyah 80 Kisaran. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8236181017_Cover.pdf] Text
8236181017_Cover.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 8236181017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8236181017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (768kB)
[thumbnail of 8236181017_Abstrak.pdf] Text
8236181017_Abstrak.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 8236181017_Kata_Pengantar.pdf] Text
8236181017_Kata_Pengantar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 8236181017_Daftar_Isi.pdf] Text
8236181017_Daftar_Isi.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 8236181017_Daftar_Tabel.pdf] Text
8236181017_Daftar_Tabel.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 8236181017_Daftar_Gambar.pdf] Text
8236181017_Daftar_Gambar.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 8236181017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8236181017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 8236181017_BAB_I.pdf] Text
8236181017_BAB_I.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 8236181017_BAB_II.pdf] Text
8236181017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8236181017_BAB_III.pdf] Text
8236181017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[thumbnail of 8236181017_BAB_IV.pdf] Text
8236181017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 8236181017_BAB_V.pdf] Text
8236181017_BAB_V.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 8236181017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8236181017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 8236181017_Lampiran.pdf] Text
8236181017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif berdiferensiasi berbasis TPACK pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Alwashliyah 80 Kisaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Temuan hasil penelitian ini, yakni: (1) Kelayakan diperoleh melalui validasi ahli materi dengan persentase penilaian sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Layak”, validasi ahli bahasa sebesar 85% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan validasi ahli media sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Layak”, (2) Kepraktisan diperoleh melalui uji praktikalitas oleh guru dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 94,95% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan respon siswa sebesar 96,88% dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan (3) Nilai posttest > pretest yaitu 87,6 > 61,1 dengan N-Gain (g) sebesar 0,68 pada rentang 0,3≤ g < 0,7 dengan kategori peningkatan “Sedang” dan persentase keefektifan sebesar 68% dengan kategori “Cukup Efektif” serta memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif. Nilai rata rata penilaian proyek siswa sebesar 84,7 > 70 dan nilai rata-rata penilaian diri siswa sebesar 75,6 > 70, sehingga penggunaan multimedia interaktif berdiferensiasi berbasis TPACK memiliki keefektifan secara signifikan terhadap ketuntasan hasil belajar ranah psikomotorik dan ranah afektif di kelas V SD Swasta Alwashliyah 80 Kisaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Aul p
Keywords: Multimedia Interaktif, Pembelajaran Berdiferensiasi, TPACK, Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 01 Jul 2025 15:32
Last Modified: 02 Jul 2025 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63026

Actions (login required)

View Item
View Item