Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Rias Wajah Sehari-Hari Pada Mata Pelajaran Dasar Kecantikan Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan

Azzahra, Nurhaliza (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Rias Wajah Sehari-Hari Pada Mata Pelajaran Dasar Kecantikan Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203144015_Cover.pdf] Text
5203144015_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 5203144015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203144015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 5203144015_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203144015_Kata_Pengantar.pdf

Download (911kB)
[thumbnail of 5203144015_Abstrak.pdf] Text
5203144015_Abstrak.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 5203144015_Daftar_Isi.pdf] Text
5203144015_Daftar_Isi.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 5203144015_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203144015_Daftar_Tabel.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 5203144015_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203144015_Daftar_Gambar.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 5203144015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5203144015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 5203144015_BAB_I.pdf] Text
5203144015_BAB_I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 5203144015_BAB_II.pdf] Text
5203144015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203144015_BAB_III.pdf] Text
5203144015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[thumbnail of 5203144015_BAB_IV.pdf] Text
5203144015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of 5203144015_BAB_V.pdf] Text
5203144015_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 5203144015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203144015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 5203144015_Lampiran.pdf] Text
5203144015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar dasar kecantikan khususnya materi rias wajah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran dasar kecantikan materi rias wajah sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran make a match kelas X di SMK Pariwisata Imelda Medan.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil 2 kelas penelitian. Kelas X Tata Kecantikan 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas X Tata Kecantikan 2 sebagai kelas control berjumlah 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan metode Posttest-Only Control Design. Populasi yang digunakan berjumlah 60 siswa dari 2 kelas tata kecantikan dimana terdiri dari 30 sampel. Kelas X Tata Kecantikan 1 dengan menerapkan model pembelajaran make a match dan kelas X Tata Kecantikan 2 dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori kemudian diberi post-test terhadap masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah total 35 soal.
Berdasarkan hasil analisis data post-test yang telah dilakukan, diperoleh hasil belajar dasar kecantikan materi rias wajah sehari-hari pada kelas eksperimen memiliki skor rata-rata 30,43 dengan tingkat kecenderungan 96,66% dan kelas kontrol memiliki skor rata-rata- 23 dengan tingkat kecenderungan cukup sebesar 63%. Uji hipotesis dengan taraf 5% menunjukkan hasil thitung 5,0836 dan ttabel 1,671 maka thitung > ttabel (5,0836 > 1,671). Hasil ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh hasil belajar dasar keantikan pada materi rias wajah sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran make a match di SMK Pariwisata Imelda Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Make A Match, Hasil Belajar, Rias wajah
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:33
Last Modified: 30 Jun 2025 08:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62976

Actions (login required)

View Item
View Item