Purba, Ruth Muliana (2024) Développement du Matériel d'apprentissage de la Reception Orale Élémentaire en Utilisant Telegram BOT. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2172131016_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Cover.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 2172131016_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2172131016_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Abstrak.pdf
Download (593kB)
![[thumbnail of 2172131016_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Kata_Pengantar.pdf
Download (523kB)
![[thumbnail of 2172131016_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Daftar_Isi.pdf
Download (513kB)
![[thumbnail of 2172131016_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Daftar_Tabel.pdf
Download (483kB)
![[thumbnail of 2172131016_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Daftar_Gambar.pdf
Download (483kB)
![[thumbnail of 2172131016_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_BAB_I.pdf
Download (958kB)
![[thumbnail of 2172131016_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2172131016_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (885kB)
![[thumbnail of 2172131016_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 2172131016_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_BAB_V.pdf
Download (539kB)
![[thumbnail of 2172131016_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (855kB)
![[thumbnail of 2172131016_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2172131016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan materi
pembelajaran Réception Orale Élémentaire dengan menggunakan Telegram BOT,
serta menilai kelayakan dari pengembangan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di
Laboratorium Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan,
dari bulan April hingga Juni 2024. Objek penelitian ini adalah materi pembelajaran
« voyager » pada bab 5 dari buku Tendances A1. Penelitian ini menggunakan model
penelitian dan pengembangan pendidikan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap:
Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, namun penelitian ini
hanya dilakukan dalam 3 tahap. Pada tahap Analysis, dilakukan studi literatur,
wawancara dengan dosen dan mahasiswa, dan identifikasi kebutuhan keterampilan
mendengarkan. Pada tahap Desain, kami menggunakan Rencana Pembelajaran
Semester (RPS) dan buku Tendances A1 untuk mengembangkan Telegram BOT.
Materi tersebut meliputi tujuan mata kuliah, informasi mengenai daerah-daerah di
Prancis, percakapan mengenai cuaca, panduan menulis, berbagai kosakata, dan
aspek budaya, yang semuanya disertai dengan audio yang dibuat melalui
https://ttsmaker.com/id. Pada tahap Development, materi dibuat dan divalidasi oleh
ahli materi dan ahli media, dengan revisi yang dilakukan hingga validasi lengkap.
Instrumen penelitian meliputi penilaian kelayakan oleh validator dengan
menggunakan checklist berdasarkan skala likert lima poin. Validasi materi yang
dilakukan menunjukkan bahwa materi yang disusun untuk mata kuliah Réception
Orale Élémentaire memperoleh nilai 79%, yang termasuk dalam kategori "Baik".
Kategori ini mencakup aspek penyajian, isi dan penulisan bahasa. Selanjutnya,
validasi media yang dilakukan menunjukkan bahwa media yang digunakan, yaitu
Telegram BOT, memperoleh skor 90,5%, yang menempatkannya dalam kategori
"Sangat baik". Skor ini mencakup karakteristik penggunaan, aspek tampilan dan
efektivitas materi dalam mendukung proses pembelajaran. Hasil ini menunjukkan
bahwa materi dan media yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan
dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Menyimak; Bepergian; Telegram BOT |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:14 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62962 |