SUKHRIAH, LAILA (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teori Pemangkasan Rambut Dasar Siswi Kelas XI SMK Swasta Parawisata Imelda. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193344031_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Cover.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 5193344031_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193344031_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Kata_Pengantar.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 5193344031_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Abstrak.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 5193344031_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Daftar_Isi.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 5193344031_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Daftar_Tabel.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 5193344031_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Daftar_Gambar.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 5193344031_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Daftar_Lampiran.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 5193344031_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_BAB_I.pdf
Download (200kB)
![[thumbnail of 5193344031_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193344031_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (732kB)
![[thumbnail of 5193344031_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (821kB)
![[thumbnail of 5193344031_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_BAB_V.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 5193344031_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 5193344031_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pengetahuan siswa
terhadap materi pemangkasan rambut dasar yang disebabkan karena pembelajaran
masih menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil hasil belajar siswi kelas XI
Pariwisata Imelda pada materi pemangkasan rambut dasar dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning. Untuk mengetahui hasil belajar
siswi kelas XI Pariwisata Imelda Medan pada materi pemangkasan rambut dasar
dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar teori
pemangkasan rambut dasar pada siswi kelas XI Tata Kecantikan di SMK
Pariwisata Imelda Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswi kelas XI tata kecantikan SMK Swasta pariwisata
imelda dengan menggunakan Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang diambil
dari 2 kelas yaitu 30 siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem
Based Learning dan 30 siswa kelas kontrol yang diajar dengan model
pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang
berbentuk pilihan berganda sebanyak 40 soal. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji linearitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji
t), dan uji kecenderungan.
Hasil dari penelitian iniadalah hasil belajar siswa kelas XI Tata Kecantikan
Pariwisata Imelda Medan pada materi pemangkasan rambut dasar menunjukkan
model pembelajaran model Problem Based Learning berada dalam kategori cukup
baik pada nilai 57 dengan persentase 70%. Hasil belajar siswa kelas XI Tata
Kecantikan Pariwisata Imelda Medan pada materi pemangkasan rambut dasar
menunjukkan model pembelajaran model pembelajaran langsung berada dalam
kategori cukup baik pada nilai 66 dengan persentase 70%. Terdapat pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pemangkasan
rambut dasar siswi kelas XI SMK Swasta Parawisata Imelda. Hal tersebut
dibuktikan dari hasil uji-t nilai thitung > ttabel yaitu 3,433 > 2.00172. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Leaning
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Based Learning, Pemangkasan Rambut Dasar, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:55 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62922 |