Utami, Fakhira Azra (2024) Efektifitas Penggunaan Podcast Spotify Sebagai Media Pembelajaran Réception Orale Level A2. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2173131007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Cover.pdf
Download (409kB)
![[thumbnail of 2173131007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (912kB)
![[thumbnail of 2173131007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Abstrak.pdf
Download (515kB)
![[thumbnail of 2173131007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Kata_Pengantar.pdf
Download (434kB)
![[thumbnail of 2173131007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 2173131007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Daftar_Tabel.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of 2173131007_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Daftar_Gambar.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of 2173131007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (170kB)
![[thumbnail of 2173131007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_BAB_I.pdf
Download (373kB)
![[thumbnail of 2173131007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2173131007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
![[thumbnail of 2173131007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2173131007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_BAB_V.pdf
Download (439kB)
![[thumbnail of 2173131007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of 2173131007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan podcast
Spotify sebagai dukungan pembelajaran untuk Réception Orale tingkat A2 dengan
tema Aller au Restaurant, untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam
keterampilan mendengarkan. Podcast Spotify memberikan manfaat untuk
pembelajaran Réception Orale tingkat A2 dalam kelas A tahun ajaran 2022/2023
dengan tema tersebut. Pertama, mereka memungkinkan siswa untuk mendengarkan
percakapan langsung yang terkait dengan situasi nyata di restoran, seperti memesan
makanan atau bertanya kepada pelayan, yang memperkuat keterampilan
mendengarkan mereka dengan cara yang autentik dan relevan. Kedua, format
podcast yang dapat diakses kapan saja memungkinkan siswa untuk belajar secara
mandiri dan fleksibel, meningkatkan otonomi dalam proses pembelajaran mereka.
Ketiga, berkat variasi intonasi, kosakata, dan ekspresi dalam percakapan, podcast
membantu siswa memahami bahasa Prancis sehari-hari yang digunakan dalam
konteks restoran. Selain itu, analisis statistik menunjukkan peningkatan signifikan
dengan rata-rata skor post-test sebesar 84,44, menunjukkan peningkatan yang stabil
dalam hasil evaluasi, didukung oleh standar deviasi post-test yang lebih rendah
sebesar 9,98. Analisis frekuensi menunjukkan peningkatan yang jelas dalam kinerja
siswa, dengan distribusi skor post-test yang menunjukkan konsentrasi pada hasil
yang tinggi. Uji normalitas mengkonfirmasi bahwa data pre-test dan post-test
mengikuti distribusi normal, meskipun hasil awal tidak normal menurut uji Shapiro-
Wilk. Terakhir, uji t satu sampel mengkonfirmasi efektivitas intervensi, dengan
statistik t tinggi, nilai p yang sangat rendah (<0,001), dan interval kepercayaan yang
luas, menunjukkan perubahan yang signifikan dalam variabel yang diukur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; Podcast Spotify; Media Pembelajaran; Réception Orale; Tingkat A2 |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:17 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62909 |