Efektifitas Penggunaan Podcast Spotify Sebagai Media Pembelajaran Réception Orale Level A2

Utami, Fakhira Azra (2024) Efektifitas Penggunaan Podcast Spotify Sebagai Media Pembelajaran Réception Orale Level A2. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2173131007_Cover.pdf] Text
2173131007_Cover.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 2173131007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2173131007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of 2173131007_Abstrak.pdf] Text
2173131007_Abstrak.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 2173131007_Kata_Pengantar.pdf] Text
2173131007_Kata_Pengantar.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 2173131007_Daftar_Isi.pdf] Text
2173131007_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 2173131007_Daftar_Tabel.pdf] Text
2173131007_Daftar_Tabel.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 2173131007_Daftar_Gambar.pdf] Text
2173131007_Daftar_Gambar.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 2173131007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2173131007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 2173131007_BAB_I.pdf] Text
2173131007_BAB_I.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 2173131007_BAB_II.pdf] Text
2173131007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2173131007_BAB_III.pdf] Text
2173131007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[thumbnail of 2173131007_BAB_IV.pdf] Text
2173131007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2173131007_BAB_V.pdf] Text
2173131007_BAB_V.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 2173131007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2173131007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 2173131007_Lampiran.pdf] Text
2173131007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan podcast
Spotify sebagai dukungan pembelajaran untuk Réception Orale tingkat A2 dengan
tema Aller au Restaurant, untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam
keterampilan mendengarkan. Podcast Spotify memberikan manfaat untuk
pembelajaran Réception Orale tingkat A2 dalam kelas A tahun ajaran 2022/2023
dengan tema tersebut. Pertama, mereka memungkinkan siswa untuk mendengarkan
percakapan langsung yang terkait dengan situasi nyata di restoran, seperti memesan
makanan atau bertanya kepada pelayan, yang memperkuat keterampilan
mendengarkan mereka dengan cara yang autentik dan relevan. Kedua, format
podcast yang dapat diakses kapan saja memungkinkan siswa untuk belajar secara
mandiri dan fleksibel, meningkatkan otonomi dalam proses pembelajaran mereka.
Ketiga, berkat variasi intonasi, kosakata, dan ekspresi dalam percakapan, podcast
membantu siswa memahami bahasa Prancis sehari-hari yang digunakan dalam
konteks restoran. Selain itu, analisis statistik menunjukkan peningkatan signifikan
dengan rata-rata skor post-test sebesar 84,44, menunjukkan peningkatan yang stabil
dalam hasil evaluasi, didukung oleh standar deviasi post-test yang lebih rendah
sebesar 9,98. Analisis frekuensi menunjukkan peningkatan yang jelas dalam kinerja
siswa, dengan distribusi skor post-test yang menunjukkan konsentrasi pada hasil
yang tinggi. Uji normalitas mengkonfirmasi bahwa data pre-test dan post-test
mengikuti distribusi normal, meskipun hasil awal tidak normal menurut uji Shapiro-
Wilk. Terakhir, uji t satu sampel mengkonfirmasi efektivitas intervensi, dengan
statistik t tinggi, nilai p yang sangat rendah (<0,001), dan interval kepercayaan yang
luas, menunjukkan perubahan yang signifikan dalam variabel yang diukur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efektivitas; Podcast Spotify; Media Pembelajaran; Réception Orale; Tingkat A2
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:17
Last Modified: 30 Jun 2025 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62909

Actions (login required)

View Item
View Item