UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPRATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PELAJARAN PKN MATERI POKOK ORGANISASI PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DIKELAS IV SD NEGERI 101878 TANJUNG MORAWA TA. 2012/2013

Samsiah (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPRATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PELAJARAN PKN MATERI POKOK ORGANISASI PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DIKELAS IV SD NEGERI 101878 TANJUNG MORAWA TA. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109099031 COVER.pdf]
Preview
Text
109099031 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109099031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109099031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109099031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109099031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109099031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109099031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109099031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 BAB I.pdf]
Preview
Text
109099031 BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 BAB V.pdf]
Preview
Text
109099031 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 109099031 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109099031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 38 orang Tahun Ajaran 2012-2013. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya minat belajar PKn siswa karena serta guru kurang bervariasi menggunakan metode pembelajaran khususnya pada materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat, serta keaktifan siswa kurang diperhatikan pada saat proses belajar mengajar serta terkadang siswa merasa bosan dalam belajar karena hanya memberikan hafalan konsep PKn. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket,angket diberikan sebanyan 20 pertanyaan berbentuk daftar checklist. Angket diberikan sebanyak 2 kali yaitu kondisi Awal dan setelah siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini menggunakan model pembelajaran koopertif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar PKn siswa pada materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat. Hasil penelitian ini menunjukan pada saat kondisi awal angka motivasi klsikal angket yang diperoleh 52,92% yang tergolong rendah, dan pada kondisi akhir motivasi klasikal angket yang diperoleh 92,15% yang tergolong tinggi. Jadi dapat dikatakan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat pesat. Kemudian hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor 38,75% tergolong sangat rendah, pada siklus II pertemuan 2 diperoleh skor 58,72% tergolong rendah. Dan pada siklus II pertemuan 1 diperoleh skor 73,01% tegolong sedang dan pada siklus II pertemuan 2 diperoleh skor 91.03% tergolong tinggi. Kemudian hasil observasi kegiatan mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor 53,12% tergolong rendah, pada siklus I pertemuan 2 diperoleh skor 65,62% tergolong cukup. Dan pada siklus II pertemuan 1 diperoleh skor 79,16% tergolong baik dan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar 94,79% tergolong sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran koopereatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada meteri organisasi pemerinatahan tingkat pusat dikleas IV SD Negeri 101878 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.832 Sam u
Keywords: Motivasi belajar; Pembelajaran kooperatif; STAD; Organisasi pemerintahan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6269

Actions (login required)

View Item
View Item