Maulidya, Sabitha (2025) Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Kecemasan Akademik Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 1 Hinai Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203351027_Cover.pdf
Download (221kB)
1203351027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (414kB)
1203351027_Kata_Pengantar.pdf
Download (239kB)
1203351027_Abstrak.pdf
Download (335kB)
1203351027_Daftar_Isi.pdf
Download (326kB)
1203351027_Daftar_Tabel.pdf
Download (268kB)
1203351027_Daftar_Gambar.pdf
Download (266kB)
1203351027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (268kB)
1203351027_BAB_I.pdf
Download (518kB)
1203351027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (998kB)
1203351027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (998kB)
1203351027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (670kB)
1203351027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203351027_BAB_V.pdf
Download (294kB)
1203351027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (325kB)
1203351027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan Self-Regulated Learning dengan kecemasan akademik siswa SMP
Negeri 1 Hinai Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Hinai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Total
Sampling dimana peneliti mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden
atau sampel. Pengambilan data dilakukan dengan dua skala, yaitu skala Self-
Regulated Learning yang disusun berdasarkan teori Zimmerman (1989) dan skala
kecemasan akademis yang disusun berdasakan teori Holmes (1991). Skala Self-
Regulated Learning terdiri dari 40 item, dengan nilai reliabilitas sebesar 0,906.
Skala kecemasan akademis terdiri dari 50 item, dengan nilai reliabilitas sebesar
0,928. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov
dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS Statistic 25 for Windows yang
menunjukkan nilai nilai asymp sig. (2-tailed) sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05
atau 5,2 > 5. Hasil data siperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,419 dan
signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Koefisien determinan (r2) sebesar 0,175 atau
17,5%. Hasil penelitian menujukkan adanya hubungan negatif signifikan antara
self regulated learning dengan kecemasan akademik siswa kelas VII SMP Negeri
1 Hinai.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kecemasan akademik; Pembelajaran; Siswa SMP |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:44 |
| Last Modified: | 20 Jun 2025 07:44 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62628 |
