Analisis Kesejahteraan Psikologis (Psychological Well-Being) Anak Berkebutuhan Khusus Di UPT SLB E Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara

Balqis, Fahrani (2025) Analisis Kesejahteraan Psikologis (Psychological Well-Being) Anak Berkebutuhan Khusus Di UPT SLB E Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203351018_Cover.pdf] Text
1203351018_Cover.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1203351018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203351018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of 1203351018_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203351018_Kata_Pengantar.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 1203351018_Abstrak.pdf] Text
1203351018_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1203351018_Daftar_Isi.pdf] Text
1203351018_Daftar_Isi.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1203351018_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203351018_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1203351018_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203351018_Daftar_Gambar.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1203351018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203351018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1203351018_BAB_I.pdf] Text
1203351018_BAB_I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 1203351018_BAB_II.pdf] Text
1203351018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203351018_BAB_III.pdf] Text
1203351018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of 1203351018_BAB_IV.pdf] Text
1203351018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 1203351018_BAB_V.pdf] Text
1203351018_BAB_V.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1203351018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203351018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 1203351018_Lampiran.pdf] Text
1203351018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesejahteraan psikologis anak berkebutuhan khusus (ABK) berdasarkan enam dimensi teori Ryff, yaitu penerimaan diri (self-acceptance), hubungan positif dengan orang lain (positive relations with others), kemandirian (autonomy), penguasaan lingkungan (environmental mastery), tujuan hidup (purpose in life), dan perkembangan pribadi (personal growth). Subjek penelitian adalah tiga siswa dengan kebutuhan khusus, yaitu siswa dengan disabilitas intelektual (MHY), autisme (BP), dan Down syndrome (ZNA), yang bersekolah di UPT SLB E Negeri Pembina Medan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kesejahteraan psikologis masing-masing subjek, serta bagaimana peran guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan psikologis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing subjek memiliki tingkat kesejahteraan psikologis yang berbeda-beda pada setiap dimensi. MHY menunjukkan tantangan dalam aspek penerimaan diri dan hubungan sosial, tetapi memiliki potensi untuk berkembang dengan dukungan lingkungan. BP menunjukkan keterbatasan pada dimensi penguasaan lingkungan dan kemandirian, namun mampu menjalin hubungan interpersonal yang positif. ZNA memiliki kekuatan dalam aspek inklusi sosial dan penerimaan orang lain, meskipun menghadapi hambatan dalam komunikasi dan pengaturan tujuan hidup. Penelitian ini memberikan implikasi bagi guru, orang tua, dan pihak sekolah untuk meningkatkan pendekatan yang holistik dan berbasis kebutuhan individu dalam mendukung kesejahteraan psikologis ABK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Psikologis; Anak berkebutuhan khusus; Wawancara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:04
Last Modified: 18 Jun 2025 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62395

Actions (login required)

View Item
View Item