Anjali, Aurora (2025) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XII SMA Negeri 7 Medan T.A. 2024/2025. Skripsi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203351019_Cover.pdf
Download (47kB)
1203351019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (456kB)
1203351019_Kata_Pengantar.pdf
Download (350kB)
1203351019_Abstrak.pdf
Download (146kB)
1203351019_Abstrak.pdf
Download (146kB)
1203351019_Daftar_Isi.pdf
Download (330kB)
1203351019_Daftar_Tabel.pdf
Download (206kB)
1203351019_Daftar_Gambar.pdf
Download (200kB)
1203351019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (204kB)
1203351019_BAB_I.pdf
Download (408kB)
1203351019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (840kB)
1203351019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (752kB)
1203351019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203351019_BAB_V.pdf
Download (171kB)
1203351019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (318kB)
1203351019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role play terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas XII SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan model nonequivalent control group design. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS, dengan sampel yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan bimbingan kelompok teknik role play dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan tersebut. Variabel dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik role play (X) sebagai variabel independen dan kecerdasan interpersonal (Y) sebagai variabel dependen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji T untuk membandingkan rata-rata skor pre-test dan post-test antar kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre-test, rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 68, sedangkan kelompok kontrol 58. Setelah perlakuan, skor rata-rata post-test kelompok eksperimen meningkat menjadi 79, sedangkan kelompok kontrol mencapai 70. Uji T menghasilkan nilai signifikansi (sig) 0,000, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role play berpengaruh positif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas XII SMA Negeri 7 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bimbingan kelompok; Kecedasan; Role play |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 17 Jun 2025 07:34 |
| Last Modified: | 17 Jun 2025 07:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62341 |
