Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XII SMA Negeri 7 Medan T.A. 2024/2025. Skripsi.

Anjali, Aurora (2025) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XII SMA Negeri 7 Medan T.A. 2024/2025. Skripsi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203351019_Cover.pdf] Text
1203351019_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 1203351019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203351019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 1203351019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203351019_Kata_Pengantar.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1203351019_Abstrak.pdf] Text
1203351019_Abstrak.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 1203351019_Abstrak.pdf] Text
1203351019_Abstrak.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 1203351019_Daftar_Isi.pdf] Text
1203351019_Daftar_Isi.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 1203351019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203351019_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1203351019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203351019_Daftar_Gambar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1203351019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203351019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1203351019_BAB_I.pdf] Text
1203351019_BAB_I.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 1203351019_BAB_II.pdf] Text
1203351019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[thumbnail of 1203351019_BAB_III.pdf] Text
1203351019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[thumbnail of 1203351019_BAB_IV.pdf] Text
1203351019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203351019_BAB_V.pdf] Text
1203351019_BAB_V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1203351019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203351019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 1203351019_Lampiran.pdf] Text
1203351019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role play terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas XII SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan model nonequivalent control group design. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS, dengan sampel yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan bimbingan kelompok teknik role play dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan tersebut. Variabel dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik role play (X) sebagai variabel independen dan kecerdasan interpersonal (Y) sebagai variabel dependen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji T untuk membandingkan rata-rata skor pre-test dan post-test antar kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre-test, rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 68, sedangkan kelompok kontrol 58. Setelah perlakuan, skor rata-rata post-test kelompok eksperimen meningkat menjadi 79, sedangkan kelompok kontrol mencapai 70. Uji T menghasilkan nilai signifikansi (sig) 0,000, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role play berpengaruh positif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas XII SMA Negeri 7 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan kelompok; Kecedasan; Role play
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:34
Last Modified: 17 Jun 2025 07:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62341

Actions (login required)

View Item
View Item