Putri, Rinna A. (2024) PENGARUH MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP FREE METHODIST 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203111038_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_Cover.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of 2203111038_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111038_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_Abstrak.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 2203111038_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_Kata_Pengantar.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of 2203111038_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_Daftar_Isi.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 2203111038_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 2203111038_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_BAB_I.pdf
Download (410kB)
![[thumbnail of 2203111038_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (518kB)
![[thumbnail of 2203111038_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (744kB)
![[thumbnail of 2203111038_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111038_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_BAB_V.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 2203111038_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of 2203111038_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111038_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah: mengetahui pengaruh model CTL (Contextual
Teaching and Learning) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas
VII SMP Free Methodist 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas VII sebanyak 164 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan tipe post-test only control group design dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Hasil
penelitian 1) kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII-3 (kelas
kontrol) SMP Free Methodist 1 Medan dengan menggunakan model konvensional
dengan rata-rata 69 berada pada kategori cukup, 2) Kemampuan menulis teks
prosedur pada siswa kelas VII-4 (kelas eksperimen) SMP Free Methodist 1
Medan dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning)
dengan rata-rata 83,99 berada pada kategori baik. Dengan demikian, dapat
dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kelas
eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan selisih 14,99. Berdasarkan
hasil analisis, diperoleh thitung t0 = 2,73 setelah diuji signifikansinya pada taraf
signifikan 5% dengan df = (N1+N2)-2= (41+41)-2= 80. Pada taraf t dengan df=
80 diperoleh taraf signifikansinya 2,02. Karena to yang diperoleh lebih besar
daripada ttabel yaitu 2,73>2,02, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model CTL; Menulis; Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 08:26 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62252 |