PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 MEDAN

LUBIS, ANISA SYAFILLA (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311012_Cover.pdf] Text
2203311012_Cover.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 2203311012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311012_Abstrak.pdf] Text
2203311012_Abstrak.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2203311012_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311012_Kata_Pengantar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 2203311012_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311012_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 2203311012_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311012_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2203311012_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203311012_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2203311012_BAB_I.pdf] Text
2203311012_BAB_I.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 2203311012_BAB_II.pdf] Text
2203311012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311012_BAB_III.pdf] Text
2203311012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[thumbnail of 2203311012_BAB_IV.pdf] Text
2203311012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[thumbnail of 2203311012_BAB_V.pdf] Text
2203311012_BAB_V.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 2203311012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu; Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis
teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan tanpa menggunakan model
Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Macromedia Flash 8.
Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII
SMP Negeri 24 Medan dengan menggunakan model Contextual Teaching and
Learning (CTL) berbantuan Macromedia Flash 8. Ketiga, mendeskripsikan
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning
(CTL) berbantuan Macromedia Flash 8 terhadap keterampilan menulis teks
deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan, dengan sampel sebanyak 64 siswa.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple
random sampling, sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas
kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jenis penelitian
yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Teknik analisis data
menggunakan uji persyaratan analisis data, uji normalitas, uji homogenitas, dan
uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, nilai rata-rata
keterampilan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan macromedia
flash 8 siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan adalah 66,87 dengan kualifikasi
cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching and
Learning (CTL) berbantuan macromedia flash 8 siswa kelas VII SMP Negeri 24
Medan adalah 75,63 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) berbantuan macromedia flash 8 terhadap keterampilan menulis teks
deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan dengan thitung 1,99 > ttabel
1,66. Hal ini membuktikan bahwa ada ada pengaruh yang signifikan dari
penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan
menulis teks deskripsi berbantuan Macromedia Flash 8 siswa kelas VII SMP
Negeri 24 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Contextual Teaching and Learning; Teks Deskripsi; Macromedia Flash 8
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:30
Last Modified: 12 Jun 2025 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62228

Actions (login required)

View Item
View Item