Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PMR Berbantuan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jorlang Hataran

Manihuruk, Hermanto (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PMR Berbantuan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jorlang Hataran. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216172003_Cover.pdf] Text
8216172003_Cover.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 8216172003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216172003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of 8216172003_Abstrak.pdf] Text
8216172003_Abstrak.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 8216172003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216172003_Kata_Pengantar.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of 8216172003_Daftar_Isi.pdf] Text
8216172003_Daftar_Isi.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of 8216172003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216172003_Daftar_Tabel.pdf

Download (991kB)
[thumbnail of 8216172003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216172003_Daftar_Gambar.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 8216172003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216172003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of 8216172003_BAB_I.pdf] Text
8216172003_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8216172003_BAB_V.pdf] Text
8216172003_BAB_V.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of 8216172003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216172003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran matematika berbasis PMR berbantuan hypercontent yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Jorlang Hataran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Jorlang Hataran pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Teorema Pythagoras. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP N 1 Jorlang Hataran tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 32 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis PMR berbantuan hypercontent untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan kemandirian belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras. Hasil penelitian; Perangkat pembelajaran matematika berbasis PMR berbantuan hypercontent yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif; peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Jorlang Hataran melalui perangkat pembelajaran matematika berbasis PMR berbantuan hypercontent yang dikembangkan dinyatakan meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Man p
Keywords: Pengembangan, Model ADDIE, PMR, Hypercontent, Pemecahan Masalah, kemandirian belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2025 02:52
Last Modified: 05 May 2025 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62162

Actions (login required)

View Item
View Item