Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dan Disposisi Matematis Siswa di SMP Negeri 9 Medan

Lubis, Erwina Rahmawati (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dan Disposisi Matematis Siswa di SMP Negeri 9 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8234071003_Cover.pdf] Text
8234071003_Cover.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 8234071003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8234071003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8234071003_Abstrak.pdf] Text
8234071003_Abstrak.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 8234071003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8234071003_Kata_Pengantar.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of 8234071003_Daftar_Isi.pdf] Text
8234071003_Daftar_Isi.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of 8234071003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8234071003_Daftar_Tabel.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 8234071003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8234071003_Daftar_Gambar.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 8234071003_BAB_I.pdf] Text
8234071003_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 8234071003_BAB_V.pdf] Text
8234071003_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8234071003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8234071003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah pengembangan model pembelajaran berbasis RME valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik; (2) meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan; (3) meningkatkan kemampuan disposisi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian pada uji coba I dan II diperoleh bahwa: (1) model pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran; (2) peningkatan kemampuan literasi matematika siswa menggunakan model pembelajaran berbasis RME realistik yang dikembangkan ditinjau dari N-Gain uji coba I sebesar 0,29 dengan kriteria rendah dan pada uji coba II sebesar 0,59 dengan kriteria sedang. (3) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa menggunakan model pembelajaran RME yang dikembangkan ditinjau dari rata – rata pada uji coba I dan uji coba II yaitu sebesar 5,04.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.160 72 Lub p
Keywords: Model Pembelajaran, RME, Literasi Matematika, Disposisi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 09:05
Last Modified: 02 May 2025 09:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62156

Actions (login required)

View Item
View Item