Pengembangan Media Pembelajaran LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa

Puadi, Akhyar (2024) Pengembangan Media Pembelajaran LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226172009_Cover.pdf] Text
8226172009_Cover.pdf

Download (886kB)
[thumbnail of 8226172009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226172009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226172009_Abstrak.pdf] Text
8226172009_Abstrak.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 8226172009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226172009_Kata_Pengantar.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 8226172009_Daftar_Isi.pdf] Text
8226172009_Daftar_Isi.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 8226172009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226172009_Daftar_Tabel.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 8226172009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226172009_Daftar_Gambar.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 8226172009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226172009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 8226172009_BAB_I.pdf] Text
8226172009_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8226172009_BAB_V.pdf] Text
8226172009_BAB_V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226172009_BAB_V.pdf] Text
8226172009_BAB_V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226172009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226172009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran LKPD berbasis problem based learning berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Rokita Sari Bangun Purba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran LKPD berbasis problem based learning berbantuan geogebra mendapat rata-rata skor kevalidan media sebesar 4,75 pada kategori valid. Kepraktisan media LKPD berbasis problem based learning berbantuan geogebra dinilai dari rata-rata skor keterlakaanaan pembelajaran diperoleh sebesar 87,22% dengan kategori baik, dan respon positif siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 88,94% dengan kategori sangat positif sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan praktis. Sedangkan keefektifan media LKPD berbasis problem based learning berbantuan geogebra dinilai dari rata-rata skor ketuntasan secara klasikal siswa sebesar 93,75% dengan kategori sangat tinggi, ketercapaian tujuan pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 89,06%, dan respon siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 88,94% sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Skor peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa mendapat nilai N-gain sebesar 0,48 pada kategori sedang, dan skor peningkatan kemandirian belajar siswa mendapat nilai N-gain sebesar 0,55 pada kategori sedang, sehingga dapat dikatakan media yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Pua p
Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Geogebra, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 08:18
Last Modified: 02 May 2025 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62151

Actions (login required)

View Item
View Item