Puadi, Akhyar (2024) Pengembangan Media Pembelajaran LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8226172009_Cover.pdf
Download (886kB)
8226172009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
8226172009_Abstrak.pdf
Download (555kB)
8226172009_Kata_Pengantar.pdf
Download (624kB)
8226172009_Daftar_Isi.pdf
Download (285kB)
8226172009_Daftar_Tabel.pdf
Download (556kB)
8226172009_Daftar_Gambar.pdf
Download (283kB)
8226172009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (430kB)
8226172009_BAB_I.pdf
Download (7MB)
8226172009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
8226172009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8226172009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
8226172009_BAB_V.pdf
Download (4MB)
8226172009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (4MB)
8226172009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran LKPD berbasis problem based learning berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Rokita Sari Bangun Purba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran LKPD berbasis problem based learning berbantuan geogebra mendapat rata-rata skor kevalidan media sebesar 4,75 pada kategori valid. Kepraktisan media LKPD berbasis problem based learning berbantuan geogebra dinilai dari rata-rata skor keterlakaanaan pembelajaran diperoleh sebesar 87,22% dengan kategori baik, dan respon positif siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 88,94% dengan kategori sangat positif sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan praktis. Sedangkan keefektifan media LKPD berbasis problem based learning berbantuan geogebra dinilai dari rata-rata skor ketuntasan secara klasikal siswa sebesar 93,75% dengan kategori sangat tinggi, ketercapaian tujuan pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 89,06%, dan respon siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 88,94% sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Skor peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa mendapat nilai N-gain sebesar 0,48 pada kategori sedang, dan skor peningkatan kemandirian belajar siswa mendapat nilai N-gain sebesar 0,55 pada kategori sedang, sehingga dapat dikatakan media yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Pua p |
| Keywords: | LKPD, Problem Based Learning, Geogebra, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar Siswa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 02 May 2025 08:18 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 03:44 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62151 |
