ANALISIS KESIAPAN WISATAWAN DAN POTENSI PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI PENGGUNAN APLIKASI TRIPADVISOR DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI TANAH KARO

DEPARI, LIA DEBERSI BR (2024) ANALISIS KESIAPAN WISATAWAN DAN POTENSI PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI PENGGUNAN APLIKASI TRIPADVISOR DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI TANAH KARO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202550003_Cover.pdf] Text
7202550003_Cover.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 7202550003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202550003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of 7202550003_Abstrak.pdf] Text
7202550003_Abstrak.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of 7202550003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202550003_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202550003_Daftar_Isi.pdf] Text
7202550003_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202550003_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202550003_Daftar_Gambar.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 7202550003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202550003_Daftar_Tabel.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 7202550003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202550003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 7202550003_BAB_I.pdf] Text
7202550003_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7202550003_BAB_V.pdf] Text
7202550003_BAB_V.pdf

Download (857kB)
[thumbnail of 7202550003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202550003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kesiapan wisatawan dan strategi pemasaran digital melalui aplikasi TripAdvisor terhadap promosi destinasi pariwisata Tanah Karo. Data dikumpulkan melalui survei terhadap wisatawan yang berkunjung ke Bukit Gundaling Berastagi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) melalui perangkat lunak SmartPLS versi 3.0. Survei dilakukan pada wisatawan yang berkunjung minimal dua kali selama periode Januari hingga Maret 2024. Penentuan jumlah sampel mengacu pada Hair et al. dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Variabel yang diteliti adalah kesiapan wisatawan (X1), pemasaran digital (X2), dan promosi (Y). Teknik pengumpulan data melibatkan studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Dari hasil pembahasan atas pengujian hipotesis mengenai kesiapan wisatawan terhadap promosi berpengaruh positif namun hanya memberikan efek yang kecil. Pemasaran digital terhadap promosi melalui uji t menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan dan memberikan efek size besar. Kesiapan Wisatawan dan Pemasaran Digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap aplikasi TripAdvisor dalam memperomosikan destinasi Tanah Karo diterima. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang peran kesiapan wisatawan dan strategi pemasaran digital dalam mempromosikan destinasi pariwisata, serta memberikan landasan bagi pengembangan lebih lanjut dalam industri pariwisata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesiapan Wisatawan, Pemasaran Digital, Promosi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Bisnis Digital
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 Apr 2025 06:53
Last Modified: 16 Apr 2025 06:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62041

Actions (login required)

View Item
View Item