Hutabarat, Chiasrilya Maria (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131013_Cover.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 4203131013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (422kB)
![[thumbnail of 4203131013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131013_Abstrak.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 4203131013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131013_Kata_Pengantar.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of 4203131013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131013_Daftar_Isi.pdf
Download (355kB)
![[thumbnail of 4203131013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131013_BAB_I.pdf
Download (338kB)
![[thumbnail of 4203131013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131013_BAB_V.pdf
Download (284kB)
![[thumbnail of 4203131013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (476kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Evaluasi Pengetahuan Awal (EPA) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dinyatakan dalam bentuk Evaluasi Hasil Belajar (EHB) menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi Keterampilan Generik Sains (KGS). Desain penelitian yang digunakan adalah paradigma ganda dengan dua variabel bebas yaitu EPA dan LKPD, serta satu variabel terikat yaitu EHB. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan pada tahun ajaran 2022/2023 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan sampel dalam penelitian yaitu kelas XI IPA 3 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini, terdiri dari; EPA dan EHB masing-masing sebanyak 30 butir soal serta LKPD sebanyak 15 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara EPA dan LKPD terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain itu juga terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa dengan EPA rendah dan siswa dengan EPA tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.36 Hut i |
Keywords: | Berpikir tingkat tinggi; Inkuiri terbimbing; Termokimia; Keterampilan generik sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 02:54 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61964 |