Sari, T. Nurul Nadya (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI IPA SMA SWASTA ERIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4191141028_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Cover.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 4191141028_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4191141028_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Abstrak.pdf
Download (69kB)
![[thumbnail of 4191141028_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Kata_Pengantar.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of 4191141028_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4191141028_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Daftar_Gambar.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 4191141028_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Daftar_Tabel.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 4191141028_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 4191141028_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_BAB_I.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 4191141028_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_BAB_V.pdf
Download (48kB)
![[thumbnail of 4191141028_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191141028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (122kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Student Teams Achievement Division pada materi Sistem gerak di kelas XI IPA SMA Eria Medan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan pre-test dan post-test, Nonequivalent Multiple-Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Eria Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel berjumlah 61 siswa. Penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Eria Medan. Berdasarkan rata-rata (mean) hasil belajar kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model TPS adalah 91. Sedangkan rata-rata (mean) hasil belajar untuk kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model STAD adalah 80,25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 8.362 > ttabel = 2,001 dan pada nilai signifikansi yaitu 0,014 < 0,05 dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas XI IPA SMA Eria Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Kognitif, Think Pair Share, Student Teams Achievement Division, Sistem Gerak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:38 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61848 |