PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 3 PEMATANGSIANTAR

Khairunnisa, Syafiqa (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201141002_Cover.pdf] Text
4201141002_Cover.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4201141002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201141002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4201141002_Abstrak.pdf] Text
4201141002_Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4201141002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201141002_Kata_Pengantar.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4201141002_Daftar_Isi.pdf] Text
4201141002_Daftar_Isi.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 4201141002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201141002_Daftar_Tabel.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4201141002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201141002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4201141002_BAB_I.pdf] Text
4201141002_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 4201141002_BAB_V.pdf] Text
4201141002_BAB_V.pdf

Download (3kB)
[thumbnail of 4201141002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201141002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning (PBL) berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis
peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 3
Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Non
Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas X SMAN 3 Pematangsiantar yang terdiri dari 12 kelas. Pengambilan
sampel dari penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang
digunakan adalah X-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model
Problem Based Learning berbasis kearifan lokal dan X-2 sebagai kelas kontrol
dengan menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen penelitian yang
digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah soal essai yang
terdiri dari 10 soal. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dengan
nilai Sig. 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PBL
berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Berdasarkan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh Asymp. Sig
0,00 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan
berpikir kritis peserta didik di kelas kontrol dan eksperimen pada indikator
memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menarik
kesimpulan serta taktik & strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model PBL Berbasis Kearifan Lokal, Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 04:24
Last Modified: 27 Mar 2025 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61846

Actions (login required)

View Item
View Item