PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN

Sari, Putri Nanda (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173141056_Cover.pdf] Text
4173141056_Cover.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 4173141056_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173141056_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (895kB)
[thumbnail of 4173141056_Abstrak.pdf] Text
4173141056_Abstrak.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4173141056_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173141056_Kata_Pengantar.pdf

Download (800kB)
[thumbnail of 4173141056_Daftar_Isi.pdf] Text
4173141056_Daftar_Isi.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 4173141056_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173141056_Daftar_Gambar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4173141056_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173141056_Daftar_Tabel.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4173141056_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173141056_Daftar_Lampiran.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4173141056_BAB_I.pdf] Text
4173141056_BAB_I.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4173141056_BAB_II.pdf] Text
4173141056_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of 4173141056_BAB_III.pdf] Text
4173141056_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of 4173141056_BAB_IV.pdf] Text
4173141056_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of 4173141056_BAB_V.pdf] Text
4173141056_BAB_V.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4173141056_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173141056_Daftar_Pustaka.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 4173141056_Lampiran.pdf] Text
4173141056_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan tipe Jigsaw pada materi virus. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 38 orang untuk kelas Two Stay Two Stray (TSTS) (X-F) dan 38 orang untuk kelas Jigsaw(X-I). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray sebesar 78,16 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu 76,18. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t (uji dua pihak) pada taraf signifikan a = 0,05 menunjukkan nilai t hitung < t table (1,15 < 1,99) sehingga Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan tipe Jigsaw Pada Materi Virus Kelas X MAN 2 Model Medan T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Two stay two stray; Jigsaw; Virus; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:13
Last Modified: 06 Aug 2025 09:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61820

Actions (login required)

View Item
View Item