EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN

SOLIN, DEVI MONALISA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7193341037_Cover.pdf] Text
7193341037_Cover.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 7193341037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193341037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193341037_Abstrak.pdf] Text
7193341037_Abstrak.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 7193341037_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193341037_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193341037_Daftar_Isi.pdf] Text
7193341037_Daftar_Isi.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of 7193341037_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193341037_Daftar_Gambar.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 7193341037_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193341037_Daftar_Tabel.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 7193341037_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193341037_Daftar_Lampiran.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 7193341037_BAB_I.pdf] Text
7193341037_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7193341037_BAB_V.pdf] Text
7193341037_BAB_V.pdf

Download (768kB)
[thumbnail of 7193341037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193341037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penenelitian ini yaitu pada saat kegiatan materi
pembelajaran dengan media yang digunakan guru media papan tulis, buku cetak,
serta LJK dan metode ceramah serta fasilitas sekolah yang sudah tersedia jarang
digunakan maka peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
flipbook bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 medan sebagai media yang baru
agar diharapkan siswa dapat lebih tertarik belajar dan membaca materi dengan
adanya media tersebut. Untuk mengetahui kelayakan media sebagai media
pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran
(guru).
Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan atau Research
Development yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya
meliputi 5 tahap yaitu : 1). Analysis (Analisis), 2). Desaign (Perancangan), 3).
Development (Pengembangan), 4). Implementasi (Implementasi), 5). Evalution
(Evaluasi). Tahap pengembangan media dinilai oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen
ahli media, 1 praktisi pembelajaran (guru) ekonomi. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian diperoleh secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media
pembelajaran flipbook sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian : 1) ahli
materi diperoleh total skor 41 dengan persentase 95% yang termasuk kategori
“Sangat Layak”, 2) ahli media diperoleh jumlah skor 69 dengan persentase 94%
yang termasuk kategori “Sangat Layak” dan 3) praktisi dengan skor 89% yang
ermasuk kategori “Sangat Layak”. Terdapat post-test dan pre-test siswa yang
menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 3 Medan. dengan demikian media pembelajaran flipbook ini layak
digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Model Pengembangan ADIIE, Media Flipbook, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 19 Mar 2025 02:57
Last Modified: 20 Mar 2025 02:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61441

Actions (login required)

View Item
View Item