PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMMA 2 KELAS IV SD NEGERI 095254 BANDAR TONGAH KECAMATAN BANDAR HULUAN T.A 2023/2024

KHAIRANI, UMMU HAMIDAH (2024) PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMMA 2 KELAS IV SD NEGERI 095254 BANDAR TONGAH KECAMATAN BANDAR HULUAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111010_Cover.pdf] Text
1191111010_Cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1191111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 1191111010_Abstrak.pdf] Text
1191111010_Abstrak.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 1191111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1191111010_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111010_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1191111010_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111010_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 1191111010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111010_Daftar_Tabel.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1191111010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1191111010_BAB_I.pdf] Text
1191111010_BAB_I.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 1191111010_BAB_V.pdf] Text
1191111010_BAB_V.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1191111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SD Negeri 095254 Bandar Tongah yang masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SD Negeri 095254 Bandar Tongah Kecamatan Bandar Huluan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan bentuk pre-test dan post-test. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Teknik total sampling dengan mengikutsertakan keseluruhan populasi sebanyak 25 siswa kelas IV-A (kelas eksperimen) dan 25 siswa kelas IV-B (kelas kontrol). Data dikumpulkan menggunakan instrumen pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel dengan menggunakan rumus uji-t berbantuan aplikasi SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SD Negeri 095254 Bandar Tongah T.A 2023/2024. Pada uji normalitas data pre-test kelas eksperimen dengan ketentuan nilai signifikansi > 0,05 bernilai 0,066 > 0,05, sedangkan kelas kontrol 0,173 > 0,05, dinyatakan kedua kelompok sampel berdistribusi normal. Uji normalitas data post-test diketahui 0,068 > 0,05 pada kelas eksperimen dan 0,200 > 0,05 pada kelas kontrol, dinyatakan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi > 0,05 bernilai 0,855 > 0,05, dinyatakan sampel pada kedua kelompok memiliki varians yang sama. Uji hipotesis dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,000 < 0,05, membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SD Negeri 095254 Bandar Tongah Kecamatan Bandar Huluan T.A 2023/2024..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Flashcard, Hasil Belajar, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 19 May 2025 03:33
Last Modified: 19 May 2025 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61429

Actions (login required)

View Item
View Item