Irlyaningtyas, Irlyaningtyas (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2021 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.
7193143003_Cover.pdf
Download (309kB)
7193143003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (994kB)
7193143003_Abstrak.pdf
Download (620kB)
7193143003_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7193143003_Daftar_Isi.pdf
Download (599kB)
7193143003_Daftar_Gambar.pdf
Download (277kB)
7193143003_Daftar_Tabel.pdf
Download (551kB)
7193143003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (357kB)
7193143003_BAB_I.pdf
Download (4MB)
7193143003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7193143003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7193143003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7193143003_BAB_V.pdf
Download (825kB)
7193143003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7193143003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Masalah yang dimiliki dalam penelitian ini adalah mahasiswa merasa sulit
membedakan antara ulasan yang jujur dan objektif dengan ulasan yang dibuat
oleh pihak yang memiliki kepentingan tertentu. Masih cukup banyak responden
yang tidak tertarik untuk membaca online customer review berdasarkan hasil pra
survey. Masih kurangnya pengetahuan dan pemahaman serta mahasiswa raguragu terhadap diferensiasi produk fashion.
Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa prodi pendidikan bisnis stambuk
2021 Fakultas Ekonomi Universitas Ekonomi. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan rumus slovin sebanyak 44 responden yang disebarkan dengan
google form. Teknik analisa data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear
berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung < t-tabel yaitu 1.372 < 1.682
dan nilai signifikan 0.177 > 0.05, diferensiasi produk tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian dengan nilai t-hitung < t-tabel yaitu 0.339 < 1.682 dan nilai
signifikan 0.736 > 0.05, serta secara simultan online customer review dan
diferensiasi produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai
F-hitung < F-tabel yaitu 1.185 < 3.226 dan nilai signifikansi 0.316 > 0.05.
Berdasarkan nilai R-Square sebesar 0.055 yang berarti 5,5% variabel keputusan
pembelian dipengaruhi oleh online customer review dan diferensiasi produk
sementara 94,5% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak
termasuk ke dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Online Customer Review, Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 19 Mar 2025 02:30 |
| Last Modified: | 21 Jun 2025 05:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61418 |
