PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2021 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)

IRLYANINGTYAS (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2021 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7193143003_Cover.pdf] Text
7193143003_Cover.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 7193143003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193143003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (994kB)
[thumbnail of 7193143003_Abstrak.pdf] Text
7193143003_Abstrak.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of 7193143003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193143003_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193143003_Daftar_Isi.pdf] Text
7193143003_Daftar_Isi.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of 7193143003_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193143003_Daftar_Gambar.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 7193143003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193143003_Daftar_Tabel.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 7193143003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193143003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 7193143003_BAB_I.pdf] Text
7193143003_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7193143003_BAB_V.pdf] Text
7193143003_BAB_V.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of 7193143003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193143003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dimiliki dalam penelitian ini adalah mahasiswa merasa sulit
membedakan antara ulasan yang jujur dan objektif dengan ulasan yang dibuat
oleh pihak yang memiliki kepentingan tertentu. Masih cukup banyak responden
yang tidak tertarik untuk membaca online customer review berdasarkan hasil pra
survey. Masih kurangnya pengetahuan dan pemahaman serta mahasiswa raguragu terhadap diferensiasi produk fashion.
Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa prodi pendidikan bisnis stambuk
2021 Fakultas Ekonomi Universitas Ekonomi. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan rumus slovin sebanyak 44 responden yang disebarkan dengan
google form. Teknik analisa data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear
berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung < t-tabel yaitu 1.372 < 1.682
dan nilai signifikan 0.177 > 0.05, diferensiasi produk tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian dengan nilai t-hitung < t-tabel yaitu 0.339 < 1.682 dan nilai
signifikan 0.736 > 0.05, serta secara simultan online customer review dan
diferensiasi produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai
F-hitung < F-tabel yaitu 1.185 < 3.226 dan nilai signifikansi 0.316 > 0.05.
Berdasarkan nilai R-Square sebesar 0.055 yang berarti 5,5% variabel keputusan
pembelian dipengaruhi oleh online customer review dan diferensiasi produk
sementara 94,5% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak
termasuk ke dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Online Customer Review, Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 19 Mar 2025 02:30
Last Modified: 19 Mar 2025 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61418

Actions (login required)

View Item
View Item